Belanja Online Meroket, Tokopedia TikTok, Shopee, Lazada Kasih Diskon 99% 11.11

Desy Setyowati
6 November 2025, 11:34
diskon 11.11 tokopedia, diskon 11.11 tiktok, diskon 11.11 shopee, diskon 11.11 lazada, diskon 11.11 blibli,
Katadata/Desy Setyowati
Konferensi pers promo guncang 11.11 Tokopedia TikTok Shop
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Belanja online di retail maupun marketplace tumbuh 6,19% secara kuartalan atau quarter to quarter (qtq). E-commerce Tokopedia TikTok Shop, Shopee, Lazada hingga Blibli pun mengoptimalkan diskon akhir tahun, termasuk 11.11.

Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce Indonesia Stephanie Susilo menyampaikan perusahaan menggelar kampanye bertajuk ‘promo guncang 11.11’. “Kami memberikan gratis ongkir alias ongkos kirim sepuasnya, karena orang-orang menyukai promo ini,” kata dia dalam acara konferensi pers Promo Guncang 11.11 di Jakarta, Rabu (5/11).

Daftar diskon 11.11 di Tokopedia sebagai berikut:

  • Diskon hingga ratusan juta
  • Diskon hingga Rp 1,2 juta
  • Voucer sampai 99%

Daftar diskon 11.11 di TikTok Shop sebagai berikut:

  • Diskon sampai Rp 1,1 juta
  • Voucer 50%
  • Gratis ongkir sepuasnya
Konferensi pers promo guncang 11.11 Tokopedia TikTok Shop
Konferensi pers promo guncang 11.11 Tokopedia TikTok Shop (Katadata/Desy Setyowati)

Tokopedia juga menggandeng perusahaan penyedia layanan belajar bahasa Duolingo, yang memiliki maskot yang mirip yakni burung hantu hijau. Keduanya memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan kampanye kepada pengguna media sosial, khususnya generasi muda yang menyukai konten viral.

Konten yang menggambarkan ikon Duolingo menggunakan pakaian dengan tulisan ‘bukan Tokopedia, jangan minta promo’ dan maskot Tokopedia memakai baju bertuliskan ‘saya tidak mengajar bahasa’ viral di media sosial. Duolingo juga akan meluncurkan toko online merchandise pertama di Asia Tenggara di Tokopedia pada 11 November.

“Lebih dari sekadar menghadirkan konten yang relevan dengan audiens, kemitraan ini mencerminkan keyakinan bahwa kolaborasi dan inovasi dapat menciptakan dampak yang bermakna sekaligus menjadi contoh positif bagi perkembangan industri digital di Indonesia,” ujar Head of Marketing Tokopedia Jonathan Theon Locanawan dalam keterangan pers, Minggu (3/11).

E-commerce lain seperti Shopee, Lazada, dan Blibli tak mau ketinggalan. Berikut daftar diskon 11.11 di Shopee:

  • Big Flash Sale 100 motor dan iPhone setiap 10 menit dengan harga mulai dari Rp 11 ribu
  • Diskon harga mulai dari 50% untuk produk dari brand favorit, seperti Dyson, Laneige, TCL, Changhong
  • Voucer diskon hingga Rp 11 Juta selama puncak kampanye
  • Diskon Rp 10 ribu untuk semua pengguna pada pukul 00.00 - 00.10 WIB pada 11 November
  • Gratis ongkir

Director Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan kampanye diskon 11,11 memberi kesempatan untuk kreativitas dalam dunia fashion, sambil mendukung pelaku usaha lokal yang semakin inovatif.

“Untuk memperkaya pengalaman belanja pengguna, Shopee menghadirkan fitur Coba Virtual, memberikan cara yang lebih interaktif dan personal dalam menemukan produk fashion yang terbaik,” kata Daniel dalam keterangan pers, Rabu (5/11).

Sementara itu, diskon 11.11 di Lazada sebagai berikut:

  • Diskon 99% untuk produk di LazMall
  • Diskon hingga 99% untuk koleksi global
  • Diskon sampai 85% untuk pembelian pulsa dan e-voucer
  • Promo khusus pada jam-jam tertentu yakni 09.00, 12.00, 15.00, 18.00, 21.00 WIB

Secara global, platform e-commerce Lazada mengumumkan investasi lebih dari US$ 25 juta atau Rp 417,5 miliar (kurs Rp16.580 per US$) untuk memperkuat gelaran promo belanja tahunan 11.11. 

Diskon 11.11 Lazada
Diskon 11.11 Lazada (Lazada)

Lazada juga mengandalkan lima agen AI untuk mendukung pengalaman belanja, khususnya selama periode diskon 11.11.Kelimanya yakni:

  1. AI Lazzie (Agen Belanja)
  2. Agen Pengembalian Dana (Refund)
  3. Agen Logistik
  4. Agen Product Listing
  5. Agen Pemasaran
Agen AI Lazada
Agen AI Lazada (Lazada)

“Kami sedang beralih dari penggunaan AI sebagai alat pendukung menjadi kopilot yang mampu memahami, menganalisis, dan bertindak secara  real time,” ujar Chief Executive Officer Lazada Indonesia Carlos Barrera dalam keterangan pers, akhir pekan lalu (30/10).

Dengan mengintegrasikan agen AI di seluruh ekosistem, Lazada ingin membuat momentum diskon 11.11 kali ini lebih besar, cerdas dan unggul.

“Pembeli dapat menikmati kemudahan dan penghematan yang lebih besar, sementara penjual mendapatkan insights dan efisiensi yang lebih tajam. Ini langkah penting menuju era baru agentic commerce di Asia Tenggara,” Carlos Barrera menambahkan.

Kelima agen AI itu bekerja secara simultan untuk mentransformasi setiap tahap di proses belanja dan penjualan, khususnya selama periode diskon 11.11.

E-commerce lokal Blibli juga menyiapkan diskon 11.11. Berikut daftarnya:

  • Diskon hingga Rp 1,1 juta untuk produk-tertentu
  • Diskon hingga 80%
  • Harga spesial mulai dari Rp 11 ribu untuk item terpilih
  • Gratis ongkir tanpa syarat minimum pembelanjaan
Diskon 11.11 Blibli
Diskon 11.11 Blibli (Blibli)

Belanja Online Tumbuh 6,19%, BPS Sebut Daya Beli Terjaga

Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal III secara tahunan alias year on year (yoy) tumbuh 5,04%. Konsumsi rumah tangga masih berkontribusi terbesar terhadap total produk domestik bruto (PDB), yakni 53,14%.

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga melambat, yakni dari 4,97% yoy pada kuartal II menjadi 4,89% yoy.

Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan melambatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada Kuartal III bukan karena daya beli masyarakat menurun. Hal ini karena faktor musiman yang berpengaruh terhadap pola belanja masyarakat.

“Pada kuartal III, event-event besar seperti libur keagamaan tidak ada,” kata Amila di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (5/11). Sementara pada kuartal II, ada rangkaian libur panjang, termasuk Idulfitri dan Iduladha.

Dengan begitu, perlambatan pertumbuhan kali ini bukan karena daya beli menurun, melainkan momentum konsumsi rumah tangga yang pada kuartal II dan kembali normal pada kuartal III.

BPS mencatat transaksi online peritel dan marketplace tumbuh 6,19% secara kuartalan alias quarter to quarter (qtq). Pertumbuhannya jauh di atas nasional yakni 1,43% qtq pada kuartal III.

Walaupun pertumbuhan ekonomi kuartal III secara tahunan alias year on year (yoy) tumbuh 5,04%. Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh. Edy Mahmud tidak memerinci pertumbuhan transaksi online secara tahunan.

Edy hanya menjelaskan bahwa transaksi online ditopang oleh pembelian barang-barang perawatan diri alias personal care seperti kosmetik dan skincare, serta peralatan rumah tangga, transportasi rekreasi olahraga dan pakaian.

Pelaksana harian alias Plh Direktur Neraca Pengeluaran Anisa Nuraini mengatakan total transaksi digital mencapai Rp 200 triliun pada kuartal III. Kontribusi berdasarkan kategori produk sebagai berikut:

  • Personal care 17% - 18%
  • Perlengkapan rumah tangga 14%
  • Transportasi 13%
  • Rekreasi 13%
  • Pakaian dan sepatu 11% - 12%

“Kinerja perekonomian pada triwulan III 2025 ditopang oleh konsumsi masyarakat yang masih terjaga,” kata Edy dikutip dari Antara, Rabu (5/11).

“Konsumsi rumah tangga sangat bergantung pada pendapatan dan optimisme masyarakat. Jika ekonomi tumbuh lebih tinggi dan berdampak pada peningkatan pendapatan rumah tangga, maka hal ini akan mengakselerasi pertumbuhan konsumsi,” Edy menambahkan.

Menurutnya, pendapatan yang dapat dibelanjakan (disposable income) menjadi faktor kunci. Ketika disposable income meningkat, rumah tangga cenderung meningkatkan konsumsinya.

Selain itu, program-program pemerintah yang dapat merangsang konsumsi, seperti bantuan sosial dan insentif lainnya, juga berperan penting dalam menjaga daya beli masyarakat.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...