Warga Indonesia Akan Bisa Belanja di Malaysia dan Thailand Pakai QRIS

Fahmi Ahmad Burhan
15 Februari 2022, 13:08
bank indonesia, bi, qris, malaysia, thailand
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/wsj.
Konsumen bertransaksi menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) di salah satu kedai kopi rumahan di UMKM Skema Coffe, Lebak, Banten, Kamis (9/9/2021).

Bank Indonesia (BI) menargetkan 15 juta pengguna alat pembayaran berbasis standardisasi kode quick response (QRIS) tahun ini. Salah satu strateginya, memperluas layanan QRIS ke Malaysia dan Thailand.

Deputi Gubernur BI Doni P Juwono mengatakan, dengan perluasan layanan itu, warga Indonesia, Malaysia, dan Thailand dapat menggunakan QRIS pada mitra penjual atau merchant offline dan online di negara masing-masing.

Advertisement

"Sekarang BI, Bank Negara Malaysia, dan Thailand mengujicobakan QRIS lintas-batas untuk konsumen dan pedagang di masing-masing negara," kata Doni dalam acara G20 BI Finance Tracking Side Event Series secara virtual, Selasa (15/2).

Perluasan layanan QRIS baru masuk tahap uji coba. BI akan melakukan peluncuran dan komersialisasi layanan pada kuartal III tahun ini.

Ke depan, BI juga bakal memperluas layanan pembayaran lintas-batas di Malaysia dan Thailand.

Doni mengatakan, perluasan layanan QRIS merupakan cara BI mendorong inklusi keuangan di kawasan Asia Tenggara. Ini sejalan dengan rekomendasi Financial Stability Board tentang pembayaran lintas-batas atau cross border yang disepakati dalam Presidensi G20.

"Kerja sama Indonesia, Malaysia, dan Thailand juga menandai pencapaian tonggak penting untuk mendorong integrasi keuangan di kawasan Asia," kata Doni.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement