Hadapi ‘Musim Dingin’, Startup RI ‘Bakar Uang’ Tak Diminati Investor

Fahmi Ahmad Burhan
23 Mei 2022, 12:54
startup, investor, pendanaan startup, silicon valley
Katadata
Diskusi Katadata Forum dengan tema "Transformasi Indonesia Menuju Raksasa Ekonomi Digital" di Jakarta, pada 2018.

Investor modal ventura menyebutkan bahwa startup Indonesia akan mengalami musim dingin atau winter. Penilaian investor pun lebih ketat dalam menyuntikkan modal dan tidak lagi berminat dengan perusahaan rintisan yang rajin bakar uang.

"Ada istilah winter is coming," kata Managing Partner East Ventures Roderick Purwana pekan lalu (17/5). 

Advertisement

Ia mengatakan, 'winter is coming' atau 'musim dingin segera tiba' menandakan babak baru bagi startup. Kalimat ini dipopulerkan oleh serial Game of Thrones.

Selama babak baru itu, pendanaan ke startup akan lebih sulit. "Tapi bukan berarti kami tidak melakukan apa-apa," katanya. 

Investor menurutnya hanya akan melakukan sejumlah perubahan penilaian terhadap investasi startup. "Investor sekarang bakal mencari startup berkualitas. Akan ada juga perubahan valuasi," ujarnya.

CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro juga mengatakan, tren pendanaan ke perusahaan rintisan berubah. "Startup yang diminati bukan lagi yang jor-joran bakar uang, tapi yang punya profitabilitas," ujarnya kepada Katadata.co.id, hari ini (23/5).

“Kami jauh lebih selektif,” tambah dia.

Selain itu, valuasi startup akan lebih rasional. "Ini karena selama ini valuasi startup terlalu tinggi. Maka akan ada koreksi dan itu bukan hal yang buruk. Industri akan jadi lebih sehat," katanya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement