Cara Baru Kominfo Ajak Kementerian hingga BUMN Gaet Startup

Desy Setyowati
29 November 2023, 14:44
startup, kominfo, bumn,
Katadata/Desy Setyowati
Ilustrasi startup ekonomi digital

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan program baru yang memungkinkan kementerian, lembaga, BUMN hingga perusahaan swasta bekerja sama dengan startupIni dilakukan di tengah seretnya pendanaan.

Program baru itu diberi nama SSI X. Kementerian, lembaga, BUMN hingga perusahaan swasta didorong untuk berpartisipasi memberikan akses bagi startup ke ekosistem mereka melalui eksperimen sandbox.

Kotak pasir atau sandbox dalam istilah startup yakni ruang bagi perusahaan rintisan dalam menguji coba bisnis, produk, layanan, dan/atau teknologi.

“Mengusung semangat pengembangan ekosistem startup digital yang praktis dan kolaboratif, kami mengundang institusi pemerintah dan swasta untuk berpartisipasi menyediakan akses case study dan ke pasar bagi startup,” kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo Slamet Santoso dalam keterangan pers, Rabu (29/11).

“Harapannya, eksperimen terbatas ini dapat membantu startup dalam memvalidasi produk di target pasar,” Slamet menambahkan.

Sebelumnya, Co-Founder sekaligus Managing Partner Impactto Italo Gani menyampaikan bahwa ada dua hal yang berpotensi mendorong kerja sama startup dengan perusahaan swasta maupun BUMN, yakni:

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...