Bos Shopee & Bukalapak Sebut UMKM Jadi Medan Perang Baru Para Unicorn

Cindy Mutia Annur
12 Juni 2020, 18:01
shopee, bukalapak, umkm, unicorn, e-commerce, teknologi, digital, new normal
ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko
Ilustrasi, pelaku UMKM memotret produk kuliner untuk diunggah di media sosial. Shoppe dan Bukalapak tak merasa tersaingi dengan Gojek dan Grab yang ikut merambah pasar UMKM.

Layanan ride hailing Gojek dan Grab mulai serius menggarap layanan end to end bagi usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.  Bos Shopee dan Bukalapak pun menjelaskan alasan sektor itu bisa menjadi medan perang para unicorn terutama saat new normal.

Presiden Komisaris SEA Group Pandu Sjahrir mengatakan UMKM diibaratkan sebagai 'cawan suci' alias holy grail di berbagai sektor digital, baik fintech maupun e-commerce. "Semakin besar perkembangan UMKM, semakin besar perkembangan ekonomi Indonesia di luar Jakarta dan itu penting sekali," ujar Pandu dalam Bicara Data Virtual Series: Episode Baru Bisnis Startup Akibat Covid-19, Jumat (12/6).

Advertisement

Dia pun menilai strategi Gojek maupun Grab yang fokus menggarap sektor UMKM bakal berdampak positif di masa yang akan datang, khususnya dalam menyambut normal baru. Selain itu, kompetisi para unicorn bakal semakin bagus untuk konsumen.

Apalagi, Pandu melanjutkan, layanan end to end yang dibuat perusahaan teknologi tersebut dapat mendorong efisiensi yang baik dari segi biaya bagi pelaku usaha dan konsumen."Seharusnya ini bisa membuat kita semua menjadi lebih baik sebagai ekosistem," ujar Pandu.

(Baca: INDEF: Dorong UMKM dan Catatan Program Pemulihan Ekonomi Nasional )

(Baca: Siasat UMKM Lewati Pandemi)

CEO Bukalapak  Rachmat Kaimuddin mengatakan inovasi kedua pemain ride hailing itu merupakan langkah yang baik bagi perusahaan tersebut untuk merebut pasar di tengah pandemi. Namun, perusahaan tak merasa tersaingi karena pasarya cukup besar. 

Selain itu, perusahaan memiliki strategi khusus untuk merebut pangsa pasar UMKM. Salah satunya dengan menggandeng logistik dan keuangan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement