Gurita Bisnis GoTo Menaungi Empat Lini Usaha Gojek dan Tokopedia

Fahmi Ahmad Burhan
17 Mei 2021, 17:58
GoTo, Gojek, Tokopedia, merger
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Ekosistem bisnis Gojek dan Tokopedia makin membesar setelah merger.

Perusahaan layanan on-demand Gojek dan e-commerce Tokopedia resmi merger dan membuat entitas gabungan bernama Grup GoTo. Langkah merger dua decacorn tersebut makin memperkuat ekosistem digital mereka.

CEO GoTo yang sebelumnya menjabat sebagai Co-CEO Gojek Andre Sulistyo mengatakan bahwa entitas gabungan hasil merger dengan Tokopedia akan membawa ekosistem digital yang unik. "GoTo akan memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian konsumen," katanya dalam siaran pers hari ini (17/5).

Advertisement

Gojek saat ini memang sudah mempunyai lini bisnis yang cukup luas. Dari sektor transportasi misalnya, Gojek mempunyai layanan berbagi tumpangan (ride-hailing) GoRide, GoCar, hingga GoBlueBird. Bisnis transportasi ini didukung layanan pesan-antar makanan, GoFood.

Untuk sektor kebutuhan sehari-hari, Gojek mempunyai layanan GoShop, GoMart, GoMall, hingga GoStore. Sedangkan, sektor logistik, Gojek mempunyai layanan GoSend dan GoBox.

Di sektor keuangan, Gojek juga mempunyai banyak layanan, mulai dari asuransi melalui GoSure, investasi melalui GoInvest, hingga pembayaran melalui GoPay, GoBils, atau GoGive.

Selain itu, di sektor kesehatan, Gojek juga mempunyai GoMed berkolaborasi dengan Halodoc. Kemudian, layanan yang menyasar sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ada GoBiz dan GoToko. Perusahaan juga mempunyai 2 juta mitra pengemudi serta 900 ribu mitra UMKM.

Setelah merger, ekosistem Gojek akan bertambah banyak. Layanan Gojek juga akan terintegrasi dengan layanan e-commerce milik Tokopedia.

Presiden GoTo yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Tokopedia Patrick Cao mengatakan bahwa GoTo akan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan.

"GoTo mengombinasikan transaksi Gojek yang memiliki volume dan  frekuensi tinggi, dengan Tokopedia yang memiliki frekuensi medium, namun dengan nilai transaksi tinggi," kata Patrick.

Tokopedia juga mempunyai berbagai layanan mirip dengan Gojek. Pada pesan-antar makanan misalnya, Tokopedia mempunyai Tokopedia Nyam! dan layanan hiburan Tokopedia Play. Untuk layanan keuangan, Tokopedia juga mempunyai saham sebesar 36,1% di induk platform teknologi (fintech) pembayaran OVO, Bumi Cakrawala Perkasa. Hingga kini, Tokopedia juga mempunyai 10 juta mitra UMKM dan 100 juta pengguna aktif di ekosistemnya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement