Cara YouTube Kembangkan Layanan Podcast demi Saingi Spotify dan Apple

Fahmi Ahmad Burhan
27 Oktober 2021, 09:47
youtube podcast, google, apple, spotify
pexels.com/pixabay
YouTube.

YouTube dikabarkan akan lebih gencar mengembangkan layanan podcast miliknya dengan merekrut eksekutif baru hingga memperbarui tampilan. Langkah itu dilakukan untuk menyaingi pasar yang telah dikuasai Spotify dan Apple.

Google akan mempekerjakan seorang eksekutif untuk memimpin pengembangan podcast-nya di YouTube. Juru bicara perusahaan mengonfirmasi kepada The Verge bahwa, eksekutif terpilih adalah Kai Chuk.

Advertisement

"Dia akan mengelola volume besar podcast dan hubungan yang ada di seluruh platform YouTube," kata juru bicara dikutip dari The Verge pada Rabu (27/10).

Chuk telah bekerja di YouTube selama hampir 10 tahun. Ia sebelumnya bekerja di bagian kemitraan media. Ke depan, Chuk akan mengisi posisi Podcast Lead di YouTube.

Kabar perekrutan eksekutif ini sesuai dengan apa yang Bloomberg laporkan pada awal Oktober 2021. Dalam laporannya, YouTube sedang mencari seorang eksekutif podcast.

Menurut The Telegraph, podcast merupakan acara berbasis audio yang terdiri dari berbagai episode dan dapat didengarkan secara online maupun diunduh dari Internet.

Induk YouTube, Google sebenarnya sudah memiliki aplikasi khusus untuk podcast, yakni Google Podcast, namun pangsa pasarnya kecil dan kurang diminati. Google Podcast hanya mempunyai pangsa pasar 2,6% secara global.

Sedangkan, banyak pembuat konten podcast atau podcaster yang menggunakan YouTube hanya sebagai platform tambahan. Mereka menerbitkan podcast sebagai video reaksi atau sebagai file-audio dengan sampul generik.

Namun, YouTube memang tidak menawarkan fitur khusus untuk podcast. Alhasil, Google pun berencana untuk mengalihkan pengembangan bisnis dari Google Podcast ke YouTube.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement