Produsen Buah RI Pakai Blockchain untuk Ramal Panen - Lacak Distribusi

Fahmi Ahmad Burhan
10 Desember 2021, 16:15
blockchain, teknologi, buah, pertanian,
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Pedagang menata buah jualannya di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/4/2021).

Beberapa produsen produk pertanian di Indonesia mulai mengadopsi teknologi. PT Sewu Segar Nusantara atau Sunpride misalnya, menggunakan blockchain traceability untuk pelacakan rantai pasok

Presiden Director Sewu Segar Nusantara Cindyanto Kristian mengatakan, blockchain traceability merupakan teknologi pelacakan dalam rantai pasok produk pertanian dengan mengandalkan sistem blockchain.

Blockchain dapat diartikan sebagai buku besar digital. Setiap blok memuat buku besar atau ledger beserta tiga elemen lainnya, yaitu data, hash atau fungsi pemetaan data, dan hash dari blok sebelumnya.

"Melalui teknologi blockchain, rantai pasok ada jejak digitalnya dan secara real-time. Datanya benar. Jadi, ada transparansi," kata Cindyanto dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/12).

Sewu Segar Nusantara bekerja sama dengan jejaring ritel PT Lion Super Indo dalam menerapkan teknologi blockchain. Produk pisang yang sudah ada di gerai Super Indo bisa terlacak, mulai dari data lokasi penanaman sampai pengemasan.

Blockchain juga digunakan untuk melacak lokasi tanam pisang yang akan panen. Sewu Segar Nusantara mempunyai lahan pertanian di Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung hingga Medan.

"Mitra akan tahu kapan pisang siap dipanen. Ini supaya konsumen bisa langsung membeli," katanya.

Perkiraan itu mengacu pada data-data pertanian yang perusahaan simpan di blockchain. Alhasil, petani dapat mampu mendongkrak produktivitas dan transaksi.

Sedangkan mitra ritel menjadi lebih mudah dalam menjaga stok. "Kami bisa membandingkan antara analisis data di blockchain dengan riwayat penjualan. Jadi bisa antisipasi apabila terjadi kelangkaan produk," ujar VP Buying & Indirect Procurement Lion Super Indo Donny Ardianta.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...