Telkom Berguru ke Induk Facebook untuk Bangun Metaverse di Indonesia

Fahmi Ahmad Burhan
4 Maret 2022, 14:33
telkom, bumn, metaverse, facebook, meta, dunia virtual
Arief Kamaludin|KATADATA
Logo Telkom Indonesia

Telkom akan berguru kepada induk Facebook, Meta untuk mengembangkan metaverse di Indonesia. Teknologi dunia virtual ini diramal menjadi tren masa depan. 

Metaverse merupakan versi teranyar dari virtual reality (VR) tanpa komputer. Pengguna teknologi dapat memasuki dunia virtual menggunakan perangkat berupa headset atau kacamata berbasis augmented reality (AR) maupun VR.

Direktur Digital Business Telkom Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan, perusahaan perlu menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi tren metaverse. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini pun akan berguru ke Meta, melalui Meta Connectivity.

Telkom melalui Telkom University juga berkerja sama dengan Telecom Infra Project (TIP).

Fajrin mengatakan, Telkom akan menekankan pembentukan ekosistem bisnis yang memberi manfaat bagi banyak pihak dalam mengembangkan metaverse di Indonesia. Selain itu, Telkom menekankan pemberdayaan sumber daya lokal.

Rektor Telkom University Prof Dr Adiwijaya mengatakan, sebelum berkolaborasi dengan Meta dan TIP, Telkom University berfokus mengembangkan metaverse bersama Badan Riset Nasional (BRIN).

Kerja sama itu BRIN mencakup pengembangan produk dan penggunaan metaverse, seperti inovasi AR/VR, produk hologram 3D, video 360, serta produk berbasis metaverse lainnya di bidang pendidikan dan pariwisata. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...