WIR Group Gaet BUMN, Kuliner, Kampus untuk Perluas Metaverse di RI

Fahmi Ahmad Burhan
21 Maret 2022, 17:33
metaverse, bank, kuliner, bumn, pendidikan, wir group, g20, teknologi
Netflix
Film Ready Player One

WIR Group menggaet bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pengusaha kuliner hingga universitas untuk memperluas ekosistem metaverse di Indonesia. Perusahaan ini juga akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia saat perhelatan Presidensi G20 di Bali.

Co-Founder sekaligus Group Chief Innovation Officer WIR Group Jeffrey Budiman mengatakan, Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), dan augmented reality (AR).

Advertisement

WIR Group saat ini menyiapkan peta jalan dan ekosistem yang akan ada di dalam Metaverse Indonesia. "Untuk itu, kami bekerja sama dengan berbagai sektor, mulai dari perbankan, properti, pendidikan hingga kuliner," kata Jeffrey dalam konferensi pers virtual, Senin (21/3).

Di sektor perbankan, WIR Group menggaet sejumlah bank BUMN, seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Mandiri Tbk.

"Proses pengembangan secara intensif kami lakukan di sektor perbankan. Ini seiring dengan kondisi perbankan yang mempunyai banyak regulasi," katanya.

Di luar regulasi keuangan, menurutnya teknologi WIR Group memungkinkan bank-bank menerapkan transaksi di metaverse. 

Di sektor pendidikan, WIR Group berkolaborasi dengan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya untuk mengembangkan mata kuliah di metaverse. Selain itu, menggaet Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti.

Jeffrey optimistis adopsi metaverse akan masif di berbagai sektor. "Metaverse juga akan menjadi wadah peradaban dunia. Indonesia harus siap memanfaatkannya," kata Jeffrey.

Di sektor pendidikan misalnya, metaverse bertujuan membantu proses pembelajaran secara jarak jauh. Selain itu, sektor ini dinilai akan masif mengadopsi teknologi dunia virtual seiring tingginya permintaan talenta digital.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement