Tayang Januari 2019, Ini Tiga Film Hasil Monetisasi Karya Intelektual

Dini Hariyanti
20 Desember 2018, 15:43
Bioskop
Katadata

Sejumlah film layar lebar Indonesia terjadwal tayang pada Januari 2019, tiga di antaranya memiliki ide cerita terbilang unik. Pasalnya, masing-masing merupakan karya adaptasi dari kekayaan intelektual di bidang sastra, gim, dan biografi tokoh.

1. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara mengisahkan tentang keluarga kaya yang jatuh miskin. Film ini bersumber dari cerita yang ditulis Arswendo Atmowiloto pada era 1970-an. Judul ini diadaptasi menjadi sinetron yang tayang di stasiun televisi swasta mulai 6 Oktober 1996 - 29 Agustus 2004.

Pada 3 Januari 2019, Keluarga Cemara bakal tayang di bioskop. Film ini disutradari Yandy Laurens melalui rumah produksi Visinema Pictures. Aktris Nirina Zubir tampil sebagai sosok Emak, sedangkan Abah diperankan Ringgo Agus Rahman.

Karya intelektual "Keluarga Cemara" diharapkan bisa dimonetisasi lebih optimal. Setelah menjadi sinetron, buku, dan film layar lebar, tak tertutup kemungkinan akan dituangkan dalam wujud serial, produk cinderamata, bahkan dibuatkan film lanjutan.

(Baca juga: Ideosource Turut Danai Produksi Film Keluarga Cemara)

Perusahaan modal ventura Ideosource menjadi salah satu investor film ini. Manajer Investasi Ideosource Rahadian Agung menyatakan, Keluarga Cemara adalah film adaptasi dari kekayaan intelektual yang sangat kuat. "Kami melihat potensi akan sangat baik. Kami dukung film keluarga seperti ini, karena di pasar suplainya kurang," ucap dia.

2. DreadOut

Nama DreadOut merupakan kekayaan intelektual (intellectual property/IP) yang berawal dari permainan PC . Gim horor yang mengangkat budaya Indonesia ini digarap oleh studio pengembang asal Bandung, Digital Happiness. (Baca juga: Pacu Bisnis, Pengembang Gim Tingkatkan Kualitas Produk

Managing Director Digital Happiness Dito Suwardita mengutarakan, nuansa mistis dalam DreadOut dipilih tak sekadar mempertimbangkan segi teknis yang relatif mudah. Misi lain ialah hendak memperkenalkan kearifan lokal Indonesia ke kancah global. "Kami ingin mengekspor hanti-hantu Indonesia ke luar negeri," ujarnya.

DreadOut menceritakan sekelompok pelajar yang masuk ke kampung tak bertuan pada saat mereka sedang karyawisata. Di sanalah Linda (Caitlin Halderman) dan teman-temannya terjebak di dalam sebuah sekolah angker, mereka terpisah satu sama lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...