Pokoknya Jangan Sampai Membagikan Data Ini di Internet

Masyarakat harus cermat dalam menggunakan internet, salah satunya dengan tidak membagikan informasi pribadi. Sikap ini bertujuan untuk menghindari peretasan atau penyalahgunaan.
Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
28 Juni 2022, 17:33

Dalam menggunakan internet, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan secara lebih teliti. Maraknya kejahatan siber, peretasan, serta penyalahgunaan data merupakan hal yang perlu dihindari pengguna internet.

Oleh karena itu, terdapat data pribadi yang tidak boleh dibagikan. Data-data pribadi itu di antaranya  adalah Surat Izin Mengemudi (SIM), tanggal lahir, Kartu Keluarga (KK), akta lahir, ijazah, Kartu Tanda Penduduk (TKP), pasor, dokumen keuangan, swafoto dengan KTP, alamat email, hingga informasi medis.

Selain menghindari membagikan data-data tersebut, terdapat beberapa cara untuk menghindari kebocoran data pribadi. Pertama, pasang antivirus terbaru. Kedua, hindari membuka laman yang mencurigakan dan terlihat tidak resmi. Ketiga, gunakan verifikasi dua tahap untuk log in ke dalam akun yang dimiliki.

Keempat, jangan membagikan kode OTP ke siapapun. Kelima, batasi penggunaan saat menggunakan Wi-Fi publik dan jangan membuka laman yang perlu menggunakan data pribadi saat diakses. Keenam, rutin mengganti kata sandi yang sulit ditebak. Ketujuh, menggunakan kata sandi yang berbeda-beda di tiap platform. Terakhir, bertransaksi keuangan secara online di platform yang resmi dan terpercaya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.