Kolaborasi, Kunci Memperkuat UMKM di Tengah Multikrisis

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
15 Oktober 2020, 17:34
Katadata x Prasmul : Webinar Bangun UMKM di Tengah Multikrisis
Katadata

JAKARTA - Upaya memperkuat kolaborasi menjadi hal penting bagi Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa bertahan di masa pandemi. Ini dikarenakan, UMKM menghadapi tantangan yang tak mudah mulai dari permodalan hingga pemasaran.

Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC) di Jabodetabek, Juni lalu, 57% UMKM mengaku dalam kondisi buruk, dan 25% hanya bisa bertahan hingga September. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memperkirakan, ada sekitar 47% yang terancam gulung tikar.

Advertisement

Padahal, sektor ini menyumbang 60% PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 90% tenaga kerja. Maka dari itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan kolaborasi menjadi penting bagi UMKM untuk bisa terus menjalankan operasional hingga berkembang baik.

"Mendorong kemitraan (UMKM) dengan usaha besar. Ini sangat penting, bagaimana industri di Jepang dengan UMKM ambil contoh. Di Indonesia pun juga banyak (bentuk kolaborasi), dimana sektor UMKM lokal sudah banyak yang jadi pemasok Astra misalnya," ujar Teten dalam webinar daring Katadata dengan Prasetya Mulya bertajuk "Bangun UMKM di Tengah Multikrisis", Kamis (15/10).

Di sisi lain, Teten menyebutkan, UMKM saat ini juga perlu untuk segera bertranformasi ke arah digital agar bisa mengoptimalkan usaha. Sehingga, tak hanya meningkatkan pemasaran namun juga memotong biaya produksi.

"Higt cost industri kita bukan hanya di manufaktur, tapi juga UMKM," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement