Gandeng Adnoc, Pertamina Siap Kembangkan Kilang Petrokimia Balongan

Image title
16 Januari 2020, 12:35
Gandeng Adnoc, Pertamina Kembangkan Kilang Petrokimia Balongan.
Katadata | Dok.
Ilustrasi kilang petromkimia milik Pertamina. Pertamina dan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) bakal mengembangkan Kompleks Kilang Terintegrasi Petrokimia di Balongan, Jawa Barat.

PT Pertamina (Persero) dan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) bakal mengembangkan Kompleks Kilang Terintegrasi Petrokimia di Balongan, Jawa Barat. Kerja sama bakal segera  direalisasikan seiring dengan telah ditekennya nota kesepahaman (MoU) antar kedua perusahaan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, MoU ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Comprehensive Strategic Framework (CSF) yang diteken kedua pihak pada Juli 2019.

Kesepakatan tersebut mencakup penjajakan peluang kerja sama seluruh mata rantai bisnis minyak dan gas, baik di UEA, Indonesia ataupun internasional. Pertamina dan ADNOC meningkatkan kesepakatan ke arah yang lebih strategis dan spesifik, termasuk dalam mengevaluasi potensi pengembangan Crude to Petrochemicals Complex di Balongan.

(Baca: Luhut Gandeng Mubadala dan Adnoc untuk Proyek Kilang Pertamina)

Pada tahap awal, keduanya akan mempelajari dan mendalami usulan struktur bisnis dan konfigurasi teknis atas pengembangan kilang tersebut.

“Pertamina membuka diri untuk kerja sama startegis potensi kolaborasi dengan ADNOC dalam memperkuat langkah bisnis perusahaan dan mengoptimalkan pengembangan kilang petrokimia di Balongan,"ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Kamis (16/1).

Dengan demikian, kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan produk bernilai tinggi serta memenuhi permintaan produk petrokimia dalam dan luar negeri, khususnya polyolefin. 

Lebih lanjut, Nicke menjelaskan potensi kerjasama ini dinilai penting, lantaran pengembangan komplek petromikia tersebut bakal terintegrasi dengan RDMP Balongan. Sehingga, selain akan mengurangi impor BBM, juga akan menekan impor produk petrokimia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...