Percepatan Vaksinasi Disabilitas di Jawa-Bali

Pemerintah daerah menyediakan fasilitas layanan kesehatan dan bekerja sama dengan komunitas penyandang disabilitas melakukan sosialisasi vaksinasi hingga upaya jemput bola.
Image title
Oleh Ekarina - Tim Publikasi Katadata
25 Agustus 2021, 14:08

Pemerintah mempercepat vaksinasi bagi masyarakat penyandang disabilitas di enam provinsi di Jawa - Bali. Keenam provinsi tersebut ialah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali dengan total target sasaran 225.000 penyandang disabilitas dan 445.000 dosis vaksin sinopharm. 

Di Jawa Tengah, terdapat 69.840  target sasaran vaksinasi pada kelompok penyandang disabilitas, yang mana 12.697 orang di antaranya sudah divaksinasi hingga 23 Agustus 2021.

Dalam pelaksanannya, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Kementerian Dalam Negeri untuk pendataan dan pendaftaran NIK dari kelompok sasaran disabilitas sebagaimana isi Surat Edaran nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan.

Adapun setelah mendapat alokasi vaksin dari Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah menyediakan fasilitas layanan kesehatan dan bekerja sama dengan komunitas penyandang disabilitas melakukan sosialisasi hingga upaya jemput bola, mobilisasi maupun door to door untuk memperluas jangkauan layanan vaksinasi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.