1.003 Perusahaan Raksasa Dunia Sudah Punya Target Net Zero Emission

Nadya Zahira
6 November 2023, 19:17
Net Zero Emission
Unsplash
Net Zero Emission

Separuh dari 2.000 perusahaan terbesar di dunia yang terdaftar di bursa efek, telah menetapkan target untuk mencapai  net zero emission (NZE) pada pertengahan abad ini. Namun, hanya sebagian kecil dari ribuan perusahaan tersebut yang bisa memenuhi pedoman ketat PBB terkait target iklim.

Laporan Net Zero Tracker menyampaikan bahwa penetapan target iklim dari perusahaan-perusahaan yang masuk dalam indeks Forbes2000 telah melonjak menjadi 1.003 di bulan Oktober 2023,  naik 40% dari 702 perusahaan pada Juni 2022.

“Sekarang kita dapat mengatakan dengan pasti bahwa sebagian besar perusahaan terdaftar terbesar di dunia berada di jalur yang tepat dalam emisi bersih," kata Pimpinan Proyek, Net Zero Tracker John Lang, dikutip dari Reuters, Senin (6/11). 

Namun, hanya 4% dari peruasahaan tersebut yang bisa memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh kampanye Race to Zero PBB. Kriteria tersebut misalnya segera mulai mengurangi emisi, dan mencakup pembaruan kemajuan tahunan mengenai target sementara dan jangka panjang.

Upaya net zero emission di kalangan pemerintah dan perusahaan akan menjadi bagian utama dari perundingan iklim COP28 di Dubai yang akan diselenggarakan pada akhir November 2023 mendatang.

Berrdasarkan Kesepakatan Paris yang dicapai melalui Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa atau COP21, sejumlah negara telah berkomitmen dan bekerja sama untuk mencapai target net zero emission. Kesepakatan ini menetapkan target global untuk membatasi kenaikan suhu rata-rata menjadi 1,5 derajat celcius.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...