Dukung Target NZE 2060, MIND ID Tanam Mangrove dan Gunakan PLTS

Rena Laila Wuri
8 Januari 2024, 14:22
Program reklamasi MIND ID melalui revegetasi puluhan ribu hektare lahan bekas tambang.
Dok. MIND ID
Program reklamasi MIND ID melalui revegetasi puluhan ribu hektare lahan bekas tambang.
Button AI Summarize

Mining Industry Indonesia atau MIND ID terus mendukung target pemerintah Indonesia untuk bisa mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat. Untuk mewujudkan hal tersebut, Grup MIND ID menerapkan strategi transisi energi yang berbasis pada tiga pilar utama yang merupakan hasil elaborasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, yaitu to prevent, to reduce, and to mitigate.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Pertambangan itu telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan emisi karbon, mulai dari program rehabilitasi mangrove hingga penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“MIND ID terus memberikan nilai lebih bagi Indonesia, salah satunya berkomitmen mendukung upaya pemerintah yang menargetkan NZE bisa rampung pada 2060,” kata Heri Yusuf, Senin (8/1). MIND ID beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah Tbk (TINS).  

Heri menuturkan Timah telah melakukan kegiatan budidaya dan penanaman mangrove secara konsisten di sekitar wilayah operasional perusahaan. “Penanaman mangrove yang dilakukan PT Timah Tbk dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau. Sejak 2010, PT Timah Tbk sudah menanam mangrove bersama Yayasan Ikebana di Pulau Bangka,” katanya.

Selain itu, PT Timah Tbk juga merehabilitasi mangrove bersama kelompok masyarakat, pemuda, akademisi, dan kelompok nelayan. Rehabilitasi mangrove itu bertujuan untuk menyerap emisi karbon, mencegah abrasi, dan menjaga ekosistem pesisir.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Bukit Asam Tbk, membangun PLTS Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta. 

Kedua PLTS tersebut mampu mengurangi emisi sekitar 414,1 ton CO2e. “Penurunan emisi yang disebabkan keberadaan dua PLTS tersebut pada periode Januari hingga Oktober 2023, setara dengan menanam pohon 847 pohon," kata Heri. 

Sementara itu, PT Antam Tbk melalui UBPP Logam Mulia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon secara serentak di sepuluh kecamatan di Jakarta Timur.

MIND ID Target Turunkan Emisi CO2 hingga 5,3 Juta Ton

Sebelumnya, MIND ID menetapkan target penurunan emisi CO2 sebesar 5,3 juta ton pada 2030. Heri mengatakan salah satu fokus Grup MIND ID adalah dekarbonisasi untuk mengatasi dampak dari perubahan iklim.

"Perseroan menargetkan untuk mengurangi emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) termasuk untuk mengurangi jejak karbonnya hingga sebesar 16% pada 2030 dari emisi business-as-usual di tahun tersebut dan mendukung aspirasi net zero emission Pemerintah Indonesia tahun 2060," kata Heri, pada November 2023 lalu.

Heri menuturkan untuk mewujudkannya, anggota MIND ID telah mencanangkan inisiasi pengurangan emisi gas rumah kaca dan memiliki target yang cukup signifikan. Heri merincikan target penurunan emisi CO2 MIND ID per tahun yakni, 691.038 ton CO2 pada 2023, dan 382.468 ton CO2 pada 2024.

Selanjutnya, target penurunan emisi CO2 pada 2025 meningkat menjadi 1.198.984 ton CO2, dan kembali mengalami kenaikan target pada 2026 menjadi 1.305.993 ton CO2. Setahun berikutnya, pada 2027 target penurunan emisi pun bertambah menjadi 1.338.171 ton CO2, kemudian naik lagi dengan total 1.354.552 ton CO2 pada 2028. 

Pada 2029, target penurunan emisi CO2 yang diusung MIND ID bersama subholding pertambangan juga mengalami penambahan sebesar 3.337 ton CO2 atau menjadi 1.357.889 ton CO2. “Baru pada 2030, target MIND ID dalam penurunan emisi menjadi sangat ambisius dan mengalami kenaikan sekitar lima kali lipat menjadi 5.351.203 ton CO2," kata Heri.

Reporter: Rena Laila Wuri

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...