1.000 SPBU Pertamina akan Pakai PLTS, Bisa Isi Baterai Motor Listrik

Amelia Yesidora
22 Februari 2022, 19:40
pertamina, ekosistem kendaraan listrik, green energy station
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz
Pertamina akan membangun 1.000 green energy station (GES) tahun ini untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Perusahaan patungan GoTo dan TBS Energi Utama, Electrum, menjalin kerja sama dengan Pertamina, Gogoro, dan Wika Industri Manufaktur (WIMA) untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, Pertamina akan menjadi pemasok energi listrik, sementara produksi motor listrik akan dilakukan oleh WIMA sebagai pemilik merek dagang Gesits. Adapun, Gogoro yang akan menyediakan teknologi penukaran (swap) baterai.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya akan membangun 1.000 green energy station (GES) di SPBU yang sumber energinya berasal dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik. Saat ini Pertamina telah memiliki 143 GES.

“Bukan hanya baterainya saja yang membuat hijau, tapi sumbernya pun hijau,” kata Nicke pada acara peluncuran kolaborasi Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits membangun ekosistem kendaraan listrik di SPBU MT Haryono, Jakarta, Selasa (22/2).

Adapun kolaborasi ini terlebih dahulu fokus pada motor listrik. Sebagai informasi, satu motor listrik dapat menampung dua baterai listrik, yang masing-masing baterai dapat digunakan untuk berkendara sejauh 50 hingga 60 kilometer. Untuk mengisi penuh satu baterai dari kondisi kosong, dibutuhkan waktu sekitar dua jam.

Namun Nicke mengatakan pengguna bisa datang ke SPBU GES Pertamina dan menggunakan layanan swap and go. "Pengguna kendaraan listrik cukup memindai kode QR yang ada di layar pengisian baterai, kemudian mengganti baterai yang sudah habis dengan baterai baru," katanya.

Mengenai harga, Nicke mengatakan ada pilihan dengan menggunakan aplikasi MyPertamina atau membayar bulanan seperti yang sudah dilakukan kepada mitra Gojek yang lebih dulu menggunakan kendaraan listrik.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...