Produksi Listrik Hijau Pertamina NRE Naik 18% pada 2023

Tia Dwitiani Komalasari
3 Januari 2024, 17:09
Pertamina NRE menduduki posisi ke-3 terbaik untuk nilai ESG di sektor IPP & Traders.
Dok. Pertamina
Pertamina NRE menduduki posisi ke-3 terbaik untuk nilai ESG di sektor IPP & Traders.
Button AI Summarize

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) mencatatkan produksi pembangkit listrik berbasis energi bersih sebesar 5,5 juta MWh (unaudited) pada 2023. Angka ini meningkat  18 persen dibandingkan 2022 sebesar 4,7 juta MWh.

Salah satu bisnis Pertamina NRE adalah pembangkit listrik yang bersumber dari energi bersih, antara lain panas bumi, tenaga surya, biogas, dan gas uap. Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang dioperasikan oleh anak usahanya, PT Pertamina Gothermal Energy Tbk (PGE), menghasilkan 4,7 juta MWh hingga akhir 2023, naik 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara produksi dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) total mencapai 47 ribu MWh (unaudited). Angka tersebut meningkat sebesar 59 persen dibandingkan 2022.

Proyek yang Beroperasi 2024

Corporate Secretary Pertamina NRE,  Dicky Septriadi, mengatakan salah satu yang menjadi pencapaian Pertamina NRE adalah beroperasinya pembangkit Listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa-1 unit 2 berkapasitas 880 MW di Desember 2023. Dengan beroperasinya pembangkit Listrik tersebut, maka ada tambahan produksi Listrik sebesar 751 ribu MWh.

Selain itu, beroperasi juga PLTS berkapasitas 25,7 MWp di wilayah kerja Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan PLTS berkapasitas 2,25 MWp di area operasi Kilang Pertamina Plaju.

Dicky mengatakan, Pertamina NRE juga sedang finalisasi beberapa proyek yang siap dioperasikan di 2024 ini, seperti PLTS Kilang Balongan, PLTS Kilang Dumai, PLTS Kilang Cilacap, PLTS di fasilitas Pemasaran Pertamina, dan PLTGU Jawa-1 Unit 1.

"Semua kita optimalkan demi terciptanya ekosistem energi bersih di Indonesia,” ungkap Dicky.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...