Kalbe Farma Gandeng Inecosolar Bangun PLTS Atap untuk Anak Usaha

Rena Laila Wuri
9 Januari 2024, 17:25
plts atap, kalbe farma, energi bersih
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Ilustrasi PLTS atap.
Button AI Summarize

PT Kalbe Farma Tbk melalui anak usahanya PT Finusolprima Farma Internasional (Finusolprima) bekerja sama dengan PT Ineco Solar Solutions (Inecosolar), untuk memasang panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap berkapasitas 264 kilo watt peak (kWp).

Direktur Manajemen Inecosolar, Benoît Prim mengatakan panel surya akan dipasang di atap pabrik Finusolprima yang berlokasi di Bekasi.

“Kerjasama ini menjadi bukti posisi Inecosolar sebagai penyedia Energy as a Service terkemuka dan komitmen Finusolprima terhadap keberlanjutan lingkungan dalam industri farmasi,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Selasa (9/1).

Prim mengatakan bahwa setelah selesai, sistem ini diperkirakan dapat menghindari sekitar 250 ton emisi karbon setiap tahun. “Ini memenuhi sekitar 5% kebutuhan listrik pabrik,” ucapnya.

Proyek PLTS atap ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap keberpihakan Finusolprima terhadap lingkungan. Selain itu akan memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri yang berkomitmen pada praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Prim mengatakan Inecosolar terus bersemangat untuk membantu bisnis dan komunitas di Indonesia mengurangi jejak karbon mereka dan beroperasi lebih efisien dan berkelanjutan. Serta mendukung target energi baru terbarukan (EBT) pemerintah Indonesia sebesar 23% pada 2025.

“Kerjasama ini tonggak signifikan bagi kami, karena kami menyediakan Energy as a Service untuk salah satu grup farmasi terkemuka di Indonesia. Model bisnis inovatif kami menawarkan paket komprehensif kepada Finusolprima yang mencakup pembiayaan, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan tanpa biaya awal apa pun,” tuturnya.

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...