Danone Indonesia Andalkan Biomassa hingga PLTS Atap untuk Tekan Emisi

Muhamad Fajar Riyandanu
26 September 2023, 13:22
danone, katadata safe 2023, aqua
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.
Pekerja memeriksa panel-panel surya dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap pabrik Danone-AQUA Mambal di Badung, Bali, Rabu (31/8/2022). PLTS di atap pabrik tersebut merupakan PLTS atap terbesar yang diinisiasi oleh kalangan industri di Bali dengan kapasitas sistem sebesar 704 KWP dapat menghasilkan listrik sebesar 1050 MWH per tahun dan dapat mengurangi sebesar 882 Ton CO2 per tahun untuk memperkuat pelaksanaan Presidensi G20 dalam transisi energi berkelanjutan.

Produsen makanan dan minumal multinasional asal Prancis, Danone, terus mengejar kinerja yang mengandalkan sumber energi rendah emisi, khusunya di Indonesia.

Perusahaan telah menggunakan listrik alternatif yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap dan pemanfaatan biomassa hingga biogas untuk suplai setrum pabrik.

Head Climate and Water Stewardship Danone Indonesia, Ratih Anggraeni mengatakan bahwa perusahaan telah memasang PLTS atap dengan total kapasitas 8,2 megawatt-peak (MWp) yang tersebar di 7 pabrik.

Dua pembangkit yang terpasang di Pabrik AQUA Mekarasi, Jawa Barat dengan kapastitas 2,1 MWp dan Pabrik AQUA Klaten, Jawa Tengah dengan kapasitas 2,9 MWp. Pemasangan PLTS Atap di Pabrik AQUA Klaten disebut mampu mengurangi emisi karbon hingga 3.340 ton karbondioksida (CO2) per tahun.

"Danone secara global sudah menerapkan net zero pada 2050," kata Ratih saat menjadi pembicara di Katadata SAFE pada Selasa (26/9).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...