Pertamina Hulu Energi Eksplorasi Potensi Hidrogen Alami di Sulawesi

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Maret 2024, 15:53
IDE Katadata Transisi Energi
Katadata
Button AI Summarize

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) tengah melaksanakan studi terkait potensi pengembangan hidrogen alami alias geologic hydrogen di perut bumi Sulawesi. Perusahaan migas pelat merah ini sedang mempelajari prospek pemanfaatan hidrogen murni tanpa kandungan karbon.

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi (PHE), Muharram Jaya Panguriseng, mengatakan penjajakan pemanfaatan geologic hydrogen ini berawal dari data studi hidrogen murni yang terpendam di pulau Sulawesi.

Dia mengatakan, hidrogen tersebut bisa diperoleh langsung dari alam tanpa harus melakukan elektrolisis. Menurut Muharram, kegiatan eksplorasi hidrogen murni telah dikembangkan oleh Australia.

Hidrogen alami sebagian besar dihasilkan melalui proses geokimia atau serpentinisasi, yang melibatkan reaksi air dengan mineral besi yang mengandung silika rendah. Di lokasi yang menguntungkan, hidrogen yang dihasilkan dapat terperangkap oleh batuan kedap air dan membentuk lapisan reservoir.

"Hidrogen ini diproduksi melalui serpentinisasi. Karena wilayah itu memiliki daerah yang kaya zat besi yang memungkinkan elektrolisis berlangsung secara alami," kata Muharram dalam agenda Indonesia Data and Economics (IDE) Katadata 2024 bertajuk "Energy as A Driver of Economic Growth" di Kempinski Hotel Indonesia, Selasa (5/3). 

Hidrogen murni merupakan sumber energi baru yang cenderung lebih bersih dan berkelanjutan. Muharram mengatakan 1 kilogram hidrogen bisa menghasilkan daya listrik setara 40 kilowatt hour (kWh).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...