Bukalapak Masuk Indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati

Image title
17 Juli 2024, 14:18
Bukalapak
Bukalapak
Bukalapak
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

PT Bukalapak.com  terpilih menjadi salah satu konstituen dalam ESG Sector Leaders IDX Kehati untuk periode perdagangan Juni - November 2024. Ini merupakan pertama kalinya bagi perusahaan berkode emiten BUKA tersebut.

ESG Sector Leaders IDX Kehati merupakan salah satu indeks yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dikelola bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati). Indeks ini bertujuan untuk menampilkan saham perusahaan dengan hasil penilaian kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di atas rata-rata industrinya, dan juga memiliki likuiditas yang baik.

Corporate Secretary Bukalapak, Cut Fika Lutfi, mengatakan terpilihnya Bukalapak untuk yang pertama kali merupakan suatu pencapaian dan validasi yang luar biasa. Ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam melakukan upaya pengelolaan bisnis yang memperhatikan aspek lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik.

Fika mengatakan, kedepannya Bukalapak akan terus mempertahankan pencapaian ini dengan memaksimalkan praktik ESG melalui berbagai inovasi serta program-program yang dapat dijalankan.

"Kami percaya bahwa kinerja ESG yang baik dapat menciptakan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan serta dapat mengantarkan Bukalapak menjadi perusahaan yang berkelanjutan”, ujar Fika dalam keterangan, Rabu (17/7).

Fika mengatakan, saat ini Bukalapak aktif menjalankan inisiatif-inisiatif yang mewakili komitmen perusahaan terhadap pemenuhan tiga pilar ESG yaitu environmental, social, dan governance.

Melalui pilar environmental, Bukalapak fokus dalam menanggulangi isu-isu lingkungan, salah satu nya dengan gerakan ‘Aksi Kebaikan Bersama Bukalapak. Pada gerakan ini, Bukalapak telah menjalankan beberapa aktivitas seperti penanaman bibit pohon, terumbu karang, dan lain-lain.

Melalui pilar social, Bukalapak memiliki misi khusus untuk terus membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, salah satunya dengan digitalisasi warung.

"Berkat peran aktif Bukalapak dalam mendorong pertumbuhan UMKM, saat ini para Mitra Bukalapak telah mengalami kenaikan pendapatan rata-rata sebanyak tiga kali berdasarkan data internal Bukalapak," ujarnya.

Dalam pilar governance, saat ini Bukalapak sudah tersertifikasi ISO 37001 yaitu Sistem Manajemen Anti Penyuapan, karena telah memenuhi persyaratan penting seperti kepatuhan hukum, peningkatan reputasi dan kredibilitas, pengelolaan risiko, efisiensi operasional, peningkatan nilai perusahaan, dan persaingan yang adil.




Reporter: Djati Waluyo

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...