Diskonto adalah Kebijakan Mempengaruhi Jumlah Uang, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
7 Juli 2022, 11:21
diskonto adalah
twitter.com/bank_indonesia
Ilustrasi, kebijakan diskonto.

Diskonto adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral. Di Indonesia, Bank Indonesia selaku bank sentral memiliki kewenangan untuk mengeluarkan kebijakan ini. Lantas, apa tujuan dari kebijakan diskonto? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Diksonto?

Berdasarkan keterangan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, diskonto adalah potongan atau bunga yang harus dibayar oleh orang yang menjual wesel atau surat dagang yang diuangkan sebelum waktunya.

Advertisement

Sementara itu, Bank Indonesia dalam akun Twitter miliknya yang menerangkan bahwa kebijakan diskonto adalah kebijakan yang dilakukan Bank Indonesia dengan mempengaruhi jumlah uang yang beredar lewat pengaturan suku bunga pemberian kredit bank sentral kepada bank umum.

Pengertian diskonto juga tertuang dalam buku "Ekonomi dan Akuntansi: Membina Kompetensi Ekonomi". Pada buku tersebut disebutkan bahwa dikonto atau politik diskonto adalah salah satu kebijakan yang dilakukan bank sentral untuk menambah atau mengurasi jumlah uang yang beredar dengan cara menaikan atau menurunkan suku bunga bank.

Tujuan Politik Diskonto

Sebuah kebijakan pasti dibuat dengan tujuan tersendiri. Berdasarkan keterangan di finansialku.com, tujuan diskonto yaitu untuk melancarkan likuiditas. Fungsi dari diskonto ini untuk mengontrol kegiatan ekonomi di masyarakat. Dengan demikian, pemerataan dalam sektor ekonomi lebih mudah tercapai.

Saat bank sentral hendak mengurangi jumlah uang, maka dampak yang terjadi yaitu terjadi kenaikan suku bunga. Saat suku bunga naik, harapannya masyarakat akan menyimpan uang yang dimiliki di bank.

Dengan demikian, uang yang beredar di masyarakat akan berkurang. Kebijakan meningkatkan suku bunga yang dilakukan oleh bank sentral bisa digunakan untuk menekan inflasi.

Sementara itu, jika bank sentral hendak menambah uang yang beredar, maka bank sentral akan menurunkan suku bunga. Saat suku bunga turun, maka secara alamiah masyarakat akan mengurangi uang yang disimpan di bank.

Maka dari itu, jumlah uang cash yang dimiliki masyarakat akan bertambah. Penurunan suku bunga ini dilakukan saat ekonomi sedang resesi atau deflasi.

Sebagai tambahan informasi, awalnya kebijakan diskonto ini merupakan pertimbangan yang bersifat kepentingan ekonomi dan teknik perbankan. Akan tetapi, akhir-akhir ini muncul pertimbangan lain seperti sosial ekonomi yang dapat mempengaruhi kebijakan politik diskonto. Pertimbangan tersebut juga bisa digunakan sebagai alat untuk mempengaruhi konjungtur dalam negeri.

Manfaat Kebijakan Diskonto

Tak hanya mempengaruhi jumlah uang yang beredar, kebijakan diskonto juga ternyata memiliki sejumlah manfaat. Berdasarkan keterangan di ocbcnisp.com, berikut ini sejumlah manfaat politik diskonto yang perlu diketahui.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement