Seminggu Gantikan Susi, Edhy Prabowo Dorong Budidaya Ikan hingga Udang

Rizky Alika
28 Oktober 2019, 22:31
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meninjau aktivitas TPI dan dermaga PP Muara Angke, Jakarta Utara (28/10/2019). Edhy berencana meningkatkan budidaya ikan dan udang. Selain itu, Edhy juga bakal mendorong peningkatan produksi garam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo telah sepekan menggantikan Susi Pudjiastuti. Dalam program kerjanya, Edhy berencana mendorong budidaya ikan dan udang.

Hal tersebut sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Budidaya sudah dilakukan, tapi belum optimal. Padahal peningkatan produktivitas ikan nasional dapat dilakukan melalui budidaya," kata Edhy di perairan Muara Angke, Jakarta, Senin (28/10).

Edhy mengatakan Indonesia memiliki banyak lahan air, seperti rawa, danau, dan sungai. Ditambah sumber daya manusia yang cukup besar.

Makanya dia akan menghidupkan budidaya mina padi yang belum banyak dimanfaatkan di Indonesia. Mina padi merupakan sistem yang menggabungkan perikanan dan budidaya pertanian. Saat ini, budidaya mina padi baru mencapai 10 ribu hektare.

Seperti dilansir dari Databoks, volume ekspor perikanan budidaya pada semester I 2019 turun 0,09% menjadi 87.971 ton dari semester I tahun sebelumnya. Namun, nilainya tumbuh 6,27% menjadi US$ 145,56 juta.

Ekspor perikanan budidaya terbesar periode Januari-Juni 2019 berasal dari rumput laut dan ganggang dengan nilai US$ 92 juta atau sekitar 63% dari total. Pertumbuhan terbesar berasal dari ekspor ikan hidup, yakni 16,62% menjadi US$ 23,4 juta. Sedangkan nilai ekspor mutiara budidaya tumbuh 10% menjadi US$ 20,62 juta. Selengkapnya dalam grafik berikut ini :

Ingin Tekan Impor Garam

Di sisi lain, Edhy juga ingin meningkatkan produksi garam nasional. Dengan demikian, impor garam dapat berkurang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...