Kementerian ESDM, Kemendagri, dan Kepolisian Awasi Distribusi BBM

Image title
9 Januari 2020, 12:55
BBM, esdm, kemendagri, polri
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kiri) dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menandatanganani pernyataan bersama di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Kerja sama ini terkait Pengawasan Bersama Penyediaan dan Pendistribusian BBM di wilayah NKRI.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjalin sinergi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mengawasi penyaluran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), terutama jenis minyak solar dan premium di seluruh wilayah Indonesia.

Pemerintah berharap kerja sama ini akan membuat pendistribusian solar dan premium tepat sasaran dan tepat volume. Selain itu, kerja sama ini juga merupakan bentuk antisipasi pemerintah dalam menyediakan BBM pada hari besar dan hari libur nasional.

"Sebagai komoditas vital dan mengusai hajat hidup orang banyak, pemerintah wajib menjamin ketersedian dan kelancaran pendistribusian BBM sebagaimana amanat Undang-Undang Migas," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangan tertulis pada Kamis (9/1).

Apalagi konsumsi solar subsidi pada tahun lalu melebih kuota APBN 2019. Oleh karena itu, pemerintah harus mengambil langkah tegas dalam mengawasi distribusi BBM.

"Kami perlu mengambil langkah taktis dan strategis seperti ini. Dengan penguatan dan efektivitas pengawasan BBM di seluruh wilayah NKRI mampu menekan impor BBM sehingga defisit neraca perdagangan migas dapat diperbaiki," ujarArifin.

Kapolri Idham Azis menegaskan komitmen Polri dalam pengawasan distribusi BBM. Pihaknya bahkan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kuda Laut yang dipimpin oleh Kabareskim.

"Kami tindak tegas yang melanggar. Untuk itu, saya berkomitmen saya bentuk Satgas Kuda Laut agar kami mengawal program pemerintah ini," ujar Idham.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...