KCIC Akui Kebakaran Pipa Pertamina Terjadi di Proyek Kereta Cepat

Image title
22 Oktober 2019, 19:17
KCIC, Pertamina
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). PT Pertamina masih melakukan investigasi terkait kebakaran pipa milik pertamina itu yang letaknya berdekatan dengan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung.

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengakui kebakaran pipa minyak Pertamina terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KJCB) yang berlokasi di pinggir jalan tol Purbaleunyi KM 130 Cimahi–Pasir Koja, Selasa (22/10). Kebakaran terjadi saat proses konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB.

Hingga pernyataan ini disampaikan, KCIC masih menginvestigasi lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran. Dalam investigasi tersebut, KCIC bekerja sama dengan pihak berwenang dan Pertamina selaku pemilik aset.

"Prioritas yang saat ini dilakukan adalah menjamin keamanan di sekitar lokasi oleh kontraktor KCJB dibantu Pertamina dan pihak yang berwenang. Saat ini aktivitas fokus pada pemadaman dan pengamanan lokasi kejadian," tulis Public Relation & Corporate Social Responsibility Manager PT KCIC Deni Yusdiaana dalam keterangan pers, Selasa (22/10).

KCIC juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas peristiwa tersebut. "Dan berkomitmen agar semua pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor KCJB senantiasa memperhatikan aspek safety, quality, dan time delivery sebagai prioritas untuk berkontribusi pada pembangunan infrastruktur transportasi koridor Jakarta – Bandung," ujar Deni.

(Baca: Proyek Kereta Cepat Memicu Kebakaran Pipa Pertamina, Satu Meninggal)

Akibat kebakaran tersebut, seorang petugas operator alat berat proyek KCJB dikabarkan tewas. Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi menduga petugas yang tewas karena mengoperasikan alat berat yang mengenai pipa minyak Pertamina hingga terbakar.

"Sekarang sedang ditangani, menunggu dari pihak Pertamina yang khusus memadamkan api," kata Rudy dikutip dari Antara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...