Ilmuwan Temukan Mutasi Baru dari Varian Virus Corona di Inggris

Image title
3 Februari 2021, 14:21
varian baru virus corona, mutasi virus, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, vaksin virus corona, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble/hp/cf
Foto: Phil Noble. Warga berjalan melewati ilustrasi virus di Oldham, Britain, Senin (3/8/2020). Ilmuwan menemukan mutasi virus dari varian baru di Inggris.

Sejumlah ilmuwan menemukan mutasi baru varian virus corona di Inggris pada sejumlah kecil kasus Covid-19. Mutasi virus itu mirip dengan varian Afrika Selatan dan Brasil yang dapat mengurangi kemanjuran vaksin virus corona.

Public Health England (PHE) mengatakan ada 11 laporan varian Inggris yang menampilkan mutasi E484K. Sebagian besar kasus berada di wilayah barat daya Inggris.

Mutasi E484K terjadi pada spike protein virus corona. Mutasi tersebut menimbulkan kekhawatiran internasional karena mirip dengan varian Afrika Selatan dan Brasil. Hal itu sekaligus menunjukkan betapa rumitnya membatasi penularan virus bahkan setelah vaksin virus corona diluncurkan. 

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan masih terlalu dini untuk memberi tahu dampak varian pada vaksin. "Kita harus terus bertindak dengan hati-hati, paling tidak terhadap tantangan baru yang ditimbulkan oleh varian baru virus corona," kata Hancock kepada anggota parlemen. 

Beberapa penelitian laboratorium telah menemukan bahwa vaksin dan terapi antibodi kurang efektif melawan varian Afrika Selatan. Padahal bukti awal menunjukkan bahwa vaksin bekerja dengan baik terhadap varian virus Inggris, sebelum muncul mutasi E484K.

Dengan kondisi tersebut, Inggris mulai melaksanakan tes dari rumah ke rumah. Targetnya sebanyak 80.000 orang di delapan wilayah bakal dites untuk melacak varian baru terutama dari Afrika Selatan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...