Saham GOTO Melesat usai TikTok Tuntaskan Akuisisi Tokopedia

Syahrizal Sidik
1 Februari 2024, 10:56
Saham GOTO Melesat usai TikTok Tuntaskan Akuisisi Tokopedia
Dokumentasi perseroan
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)
Button AI Summarize

Saham emiten teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melesat pada perdagangan Kamis ini (1/2) setelah perusahaan kemarin mengumumkan tuntasnya akuisisi 75% saham Tokopedia oleh TikTok. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pagi ini saham GOTO bergerak naik 4,55% ke level 92 per lembarnya. GOTO ditransaksikan pada rentang Rp 89 sampai Rp 92 per saham dengan nilai transaksi Rp 246 miliar. Nilai kapitalisasi pasarnya juga terangkat menjadi Rp 110 triliun. 

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (31/1), TikTok resmi menjadi pemegang saham pengendali Tokopedia yang nilainya secara keseluruhan dalam rangkaian transaksi mencapai US$ 2,18 miliar, atau sekitar Rp 34 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.700 per dolar AS. 

Rinciannya, transaksi itu terbagi atas tiga skema.  Pertama, Tokopedia membeli aset TikTok Shop yang beroperasi di Indonesia senilai US$ 340 juta atau setara Rp 5,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.700/US$).

Kedua, Tiktok melalui TikTok Nusantara (SG) Pte. Ltd mengambilbagian 75,01% saham baru yang diterbitkan Tokopedia senilai US$ 840 juta atau setara Rp 13,2 triliun. Ketiga, Tokopedia akan memperoleh Promissory Notes dari TikTok senilai US$ 1 miliar atau setara Rp 15,7 triliun yang nantinya akan dijadikan sebagai modal kerja. 

Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, menyatakan transaksi ini merupakan langkah besar bagi Grup GoTo setelah berhasil mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat 2023. “Kami akan mengakselerasi pertumbuhan kami, salah satunya melalui dukungan dan kerja sama dengan ekosistem mitra bisnis perseroan,” kata dia. 

Sementara itu Direktur Eksekutif, E-commerce, TikTok Indonesia, Stephanie Susilo mengatakan momen ini menjadi capaian penting dalam mewujudkan komitmen perusahaan berkontribusi lebih jauh untuk Indonesia, para pelaku UMKM, dan pertumbuhan ekonomi digital bersama dengan GoTo sebagai mitra. 

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...