OJK Optimistis Masalah Asuransi Jiwa Akan Selesai dalam Waktu Dekat

 Zahwa Madjid
6 Februari 2023, 12:58
OJK Optimistis Masalah Asuransi Jiwa Akan Selesai dalam Waktu Dekat
OJK
Konferensi Pers OJK 2 Februari 2023. Otoritas Jasa Keuangan terus mengupayakan penyelesaian masalah di sejumlah perusahaan asuransi seraya memperkuat pengaturan dan pengawasan untuk semakin melindungi konsumen serta mendorong kemajuan industri asuransi yang lebih sehat, efisien, dan berkelanjutan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar optimistis perusahaan asuransi jiwa yang bermasalah akan segera terselesaikan kasusnya dalam waktu dekat. 

Dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023, Senin (6/2) Mahendra menyampaikan bahwa kinerja intermediasi di sektor Industri Keuangan Non-Bank (IKNB), dalam hal ini premi asuransi umum dan reasuransi mengalami pertumbuhan sebesar 13,9% mencapai Rp 119 triliun pada 2022. Sementara itu premi asuransi jiwa terpantau mengalami kontraksi hingga 7,8%.

Advertisement

“Kondisi ini menunjukkan bahwa mutlaknya penyelesaian masalah-masalah sejumlah perusahaan asuransi jiwa dalam waktu dekat,” kata Mahendra.

Ke depan, Mahendra mengungkapkan bahwa ruang pertumbuhan lembaga jasa keuangan masih terbuka lebar. 

“Mengingat terjaganya profil risiko yang didukung kecukupan likuiditas dan permodalan, tercermin dari rasio NPL gross perbankan 2,4% dan rasio NPF perusahaan pembiayaan 2,3%,” kata Mahendra.

Terkait implementasi Program Penjaminan Polis pada tahun 2028, OJK berkoordinasi dengan asosiasi industri untuk mempersiapkan agar perusahaan asuransi dapat memenuhi persyaratan kepesertaan Program Penjaminan Polis dengan terus melakukan upaya penyehatan industri asuransi.

Selain itu Mahendra juga mengatakan bahwa penguatan sektor jasa keuangan serta serangkaian upaya peningkatan integritas, akuntabilitas dan kredibilitas menjadi fokus kebijakan OJK.

Penyelesaian asuransi dan produk asuransi yang bermasalah, penerapan PSAK 74, penguatan fungsi aktuaris, dan penataan pemasaran produk asuransi diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement