Erick Thohir Akan IPO 8 - 12 Anak dan Cucu BUMN dalam Tiga Tahun

Image title
4 Februari 2021, 12:28
privatisasi bumn, bumn, ipo bumn, saham bumn, perusahaan negara, erick thohir, menteri bumn, bumn go public, saham, pasar modal, bursa saham
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan sekitar 8 sampai 12 anak dan cucu perusahaan pelat merah bakal melantai di pasar modal. Rencana itu akan diwujudkan mulai tahun ini hingga 2023 mendatang.

"Di pipeline, saya tidak mau bilang angka fix-nya, tapi ada 8 sampai 12 (anak-cucu BUMN) yang kami akan go public-kan," kata Erick dalam acara pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Kamis (4/2).

Advertisement

Erick mengatakan, dalam langkah pencatatan perdana saham alias initial public offering (IPO) tersebut merupakan bagian dari transformasi BUMN. Upaya itu dilakukan agar anak-cucu BUMN menjadi transparan dan memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

"Tetapi bukan sekedar go public, fundamental dan sustainability-nya harus ada. Saya tahu, dari 28 perusahaan (BUMN) yang sudah listing, ada empat yang terengah-engah. Itu yang akan kami perbaiki juga," ujar Erick.

Ia memastikan, perusahaan milik negara yang akan IPO, merupakan perusahaan yang baik dan memiliki strategi jangka panjang. Hal itu diperlukan, untuk membuat investor tertarik menanamkan modalnya di saham BUMN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement