Erick Thohir Angkat Dua Kader Gerindra jadi Pejabat Pal Indonesia

Lavinda
Oleh Lavinda
15 Juni 2021, 16:10
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewakili pemerintah sebagai pemegang saham pengendali merombak susunan direksi dan komisaris PT Pal Indonesia (Persero). Dua dari empat pejabat baru yang diangkat berasal dari kader Partai Gerindra.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewakili pemerintah sebagai pemegang saham pengendali merombak susunan direksi dan komisaris PT Pal Indonesia (Persero). Dua dari empat pejabat baru yang diangkat berasal dari kader Partai Gerindra.

Berdasarkan keterangan tertulis, Kementerian BUMN mengangkat Wilgo Zainar sebagai Direktur Pemasaran. Wilgo merupakan mantan Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Gerindra. Namanya juga sempat dikabarkan masuk dalam daftar calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024.

Advertisement

Di jajaran pengawas, Kementerian BUMN juga mengangkat mantan Calon Legislatif Partai Gerindra, Cut Meutia Adrina, sebagai Komisaris Independen perusahaan.

Selain itu, Oggy Achmad Kosasih diangkat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Sebelumnya, Oggy menjabat sebagai Direktur Pelaksana PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Jabatan Oggy di Inalum digantikan oleh Sophia I. Wattimena yang merupakan mantan Direktur Operasi dan Keuangan PT Pelabuhan Indonesia Investama.

Terakhir, Wing Antariksa ditetapkan sebagai Direktur SDM dan Umum Pal Indonesia yang baru. Pada April lalu, Wing diberhentikan dari jabatan Direktur SDM PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III).

Tak hanya merombak jajaran direksi dan komisaris, Kementerian BUMN juga mengubah nomenklatur jabatan direksi. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan PT Pal Indonesia (Persero).

Pemegang saham mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Sementara itu, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan menjadi Direktur Pemasaran.

Sebelumnya, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Irianto. Kementerian juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Almarhumah Etty Soewardani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement