Rupiah Loyo ke 14.032/US$ Tertekan Lonjakan Kasus Covid-19

Agatha Olivia Victoria
1 Februari 2021, 09:59
rupiah, kurs rupiah, dolar as, covid-19
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Ilustrasi. Kurs rupiah melemah 0,1% ke level Rp 14.032 per dolar AS pada pasar spot pagi hari ini, Senin (1/2).

Nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,1% ke level Rp 14.032 per dolar AS pada pasar spot pagi hari ini, Senin (1/2). Rupiah turun tipis tertekan sentimen kasus Covid-19 yang terus meningkat di Tanah Air.

Mata uang negara-negara Asia bergerak bervariasi terhadap dolar AS. Mengutip Bloomberg, yen Jepang turun 0,02%, dolar Singapura 0,03%, dolar Taiwan 0,04%, dan yuan Tiongkok 0,52%. Sementara won Korea Selatan menguat 0,08%, peso Filipina 0,03%, rupee India 0,12%, ringgit Malaysia 0,15%, dan baht Thailand 0,01%. Hanya dolar Hong Kong yang stagnan.

Advertisement

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan kasus Covid-19 yang terus meningkat, terutama di Indonesia mendorong pelemahan rupiah. "Ini dikhawatirkan menjadi pemicu pembatasan aktivitas ekonomi yang lebih ketat," ujar Ariston kepada Katadata.co.id, Senin (1/2).

Di sisi lain, hasil rilis data inflasi kemungkinan bisa mempengaruhi rupiah. Dia memperkirakan data inflasi bulan Januari 2021 tidak akan setinggi bulan sebelumnya yakni 1,5% secara tahunan, lebih rendah dari 1,68% pada Desember 2020. "Ekspektasi yang lebih rendah ini kemungkinan karena PPKM," kata dia.

Jika angkanya lebih rendah dari ekspektasi, rupiah bisa tertekan namun jika lebih tinggi rupiah tidak akan terpengaruh. Angka inflasi yang lebih rendah bisa melemahkan rupiah karena menunjukkan turunnya aktivitas ekonomi RI.

Kendati begitu, Ariston menilai penguatan indeks saham Asia setelah mengalami kejatuhan dalam di pekan lalu bisa membantu penguatan nilai tukar emerging market terhadap dolar AS hari ini. Ini kemungkinan karena para manajer aset mulai kembali mengkoleksi saham-saham p-ada awal bulan. Potensi pergerakan rupiah berada di level Rp 14.000-14.100 per dolar AS.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement