BCA Ingatkan Nasabah Tukar Kartu ATM ke Chip Sebelum 1 Desember

Agustiyanti
19 Oktober 2021, 08:00
BCA, kartu chip bca, saham bbca
Arief Kamaludin|KATADATA
Kartu debit non-chip yang harus segera diganti mencakup kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengingatkan kepada para nasabahnya untuk segera mengganti kartu ATM chip. Kartu debit/ATM BCA yang masih menggunakan pita magnetik tidak akan lagi dapat berfungsi untuk melakukan transaksi mulai 1 Desember 2021. 

“Demi kenyamanan transaksi, segera tukar kartu debut anda menjadi kartu debit chip di CS digital, halo BCA, dan kantor cabang. Batas akhir penukaran tanggal 1 Desember 2021,” demikian tertulis dalam akun resmi Twitter Bank BCA. 

Advertisement

Kartu debit non-chip mencakup kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip. BCA dalam keterangan di situs resminya menjelaskan, ada tiga alasan mengapa nasabah harus mengganti kartu debit ke chip: 

1. Banyak keuntungan 

Jika beralih ke Kartu Debit BCA berteknologi chip, misalnya kartu Mastercard, nasabah tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC. Nasabah juga dapat melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya melalui BCA mobile sehingga dapat membayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, hingga membeli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

2. Mendukung kebijakan BI

Sejak 2015, Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi standar nasional teknologi chip dan penggunaan 6 digit PIN untuk kartu ATM/kartu debit yang diterbitkan di Indonesia

3. Mengurangi risiko kejahatan kartu

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement