Pemerintah Setop Subsidi 4 Jenis Pupuk, Hanya Anggarkan Urea dan NPK

Abdul Azis Said
27 Juni 2022, 17:59
pupuk, subsidi
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/aww.
Buruh tani menaburkan pupuk tanaman padi di persawahan Desa Kedungboto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (6/1/2021).

Pemerintah akan menghentikan subsidi empat dari enam jenis pupuk bersubsidi pada tahun depan. Dua jenis pupuk bersubsidi yang masih dipertahankan pada 2023 yakni urea dan NPK.

Pengurangan subsidi pupuk ini menjadi salah satu bagian dari arah kebijakan belanja subsidi pemerintah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belana Negara (RAPBN) 2023.

Advertisement

"Benar, suda ada rapat-rapat pembicaraan seperti itu (pengurangan subsidi pupuk), tapi saya tidak tahu teknisnya, bisa tanya Menteri Pertanian," kata Direktur Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senin (27/6).

Rencana pengurangan jenis pupuk bersubsidi ini menjadi bagian dari arah kebijakan belanja subsidi pada tahun depan yang sudah disepakati antara pemerintah dengan Badan Anggaran DPR RI hari ini.

Skema subsidi langsung pupuk (SLP) juga akan diterapkan pada tahun kepada petani. Dengan begitu, penyaluran subsdi pupuk nantinya akan melalui kartu tani atau e-kartu tani atau biometrik secara bertahap.

Realisasi subsidi pupuk sepanjang lima bulan pertama tahun ini sudah mencapai Rp 6,03 triliun atau 41,19% dari total belanja subsidi non energi sebesar Rp 14,63 triliun. Belanja subsidi pupuk naik 80,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selanjutnya jika dilihat dari sisi penyaluran volume pupuk bersubsidi selama periode Januari-Mei 2022 juga terdapat peningkatan sebesar 13,50%. Subsidi pupuk ini diberikan untuk jenis pupuk urea, SP-36, ZA, NPK dan organik granul.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement