BI Beberkan Progres Penerbitan Rupiah Digital, Segera Terbit?

Abdul Azis Said
1 Agustus 2023, 19:46
Rupiah Digital
Andolu Agency
Bank Indonesia

Bank Indonesia memastikan Proyek Garuda yang merupakan rencana penerbitan mata uang digital rupiah terus jalan. Saat ini, Bank Indonesia sedang mematangkan dokumen proof of concept atau kelayakan konsep yang berisi rincian terkait desain rupiah digital.

"Kami baru menerima masukan-masukan dari industri pada akhir Juli lalu, kami di BI sedang menggodoknya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Jakarta, Selasa (1/8).

Dokumen proof of concept ini akan berisi penjelasan mengenai model bisnis dan teknologi yang dipakai untuk rupiah digital ke depan. Sebelumnya, BI berencana menerbitkan dokumen proof of concept ini bulan lalu. Namun belum dipastikan rupiah digital segera terbit atau tidak.

Beberapa masukan yang diterima dari pelaku industri tersebut meliputi teknologi, bahasa komunikasi, hingga masukan mengenai implikasi bagi industri di masa mendatang. Berbagai masukan tersebut sekaligus sebagai pertimbangan terhadap kesiapan industri.

Selain menyesuaikan dengan pelaku domestik, bank sentral berkoordinasi dengan pelaku internasional sebagai bagian persiapan dokumen proof of concept ini.

Pasalnya, rupiah digital ini rencananya dibuat berkonsep cross-border atau bisa dipakai lintas negara. Karena itu, rupiah akan dikembangkan dengan menyesuaikan teknologi yang berkembang di level global.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Lavinda

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...