Anies Janji Turunkan Biaya Hidup Rakyat, Ini 3 Solusi yang Ditawarkan

Ferrika Lukmana Sari
12 Januari 2024, 06:01
Anies
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/foc.
Capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
Button AI Summarize

Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan berjanji untuk menurunkan biaya hidup masyarakat Indonesia. Hal itu diungkapkan Anies dalam Dialog Capres bersama Kadin Indonesia di Jakarta, Kamis (11/1).

"Banyak orang yang datang [ke saya] menyampaikan kata kunci biaya hidup dan biaya produksi. Ketika bertemu petani mengatakan biaya produksi, ketika bertemu keluarga mengatakan biaya hidup. Semuanya bicara biaya mahal dan ini yang kita ingin perbaiki," kata Anies.

Anies mengungkapkan tiga cara untuk menurunkan biaya hidup jika terpilih sebagai Presiden Indonesia nanti. Pertama, memperbaiki tata kelola pangan karena pengeluaran terbesar keluarga adalah kebutuhan pangan.

"51% rata-rata family spending untuk kebutuhan pangan. Itu jauh lebih besar dari kebutuhan-kebutuhan lainnya," ujar Anies.

Kedua, mengembangkan atau memperbarui 40 kota yang sudah ada. Melalui pengembangan tersebut, Anies berharap akan muncul pusat-pusat ekonomi baru. Karena, saat ini pusat-pusat ekonomi di Indonesia justru timpang atau tidak merata antar daerah.

"Mengembangkan 40 kota, ini di upgrade bukan membangun kota baru karena rada lama. Kita upgrade kota, supaya pusat pergerakan ekonomi itu bertambah," kata dia.

Ketiga, mendorong reindustralisasi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melihat, adanya peluang luas untuk melakukan industralisasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas

Anies berambisi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas diiringi dengan pemerataan dan berkelanjutan. Dengan membangun seluruh Indonesia dan secara berkelanjutan bisa dinikmati oleh anak cucu di masa mendatang.

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...