Anies Puji Ketua Umum PDIP, Sebut Megawati sebagai Penjaga Demokrasi

Amelia Yesidora
11 Januari 2024, 17:33
Anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan kembali menunjukkan sinyal kedekatan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Setelah mengucapkan ulang tahun kepada partai berlogo banteng via Instagram Story, hari ini ia memuji Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.  

“Bagi saya, PDIP adalah salah satu partai yang konsisten dalam menjaga demokrasi dan Ibu Mega adalah penjaga demokrasi yang konsisten berani,” ujar Anies di Samarinda, Kamis (11/1).

Anies menjelaskan, Megawati selalu menjaga agar tidak ada pelanggaran konstitusi. Padahal menurut Anies bukan tidak mungkin PDIP akan turut diuntungkan dengan perkembangan politik dan hukum yang terjadi belakangan ini. 

Mantan gubernur Jakarta ini mencontohkan dengan gagasan presiden tiga periode. Menurut Anies, bila gagasan tersebut terwujud, PDIP akan pihak yang turut diuntungkan. Namun menurut dia, Megawati menunjukkan sikap tegas menolak gagasan tersebut dan taat konstitusi. 

“Karena itu, pada ulang tahun PDIP saya menyampaikan ucapan selamat dan teruslah menjadi penjaga tonggak demokrasi. Jadi saya sampaikan rasa hormat pada sikap konsisten untuk menjaga demokrasi tetap berjalan dalam relnya yang benar,” ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies merasa dirinya sepaham dengan PDIP dalam hal menjaga konstitusi dan demokrasi. Ia menilai hal itu sebagai dua nilai yang menurutnya harus dijunjung setiap pihak dan tidak diotak-atik prinsip dasarnya. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...