ANTAM Genjot Produksi Komoditas Utama Untuk Tingkatkan Kinerja 2019

Image title
27 Februari 2019, 15:11
Antam
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas memperlihatkan emas batangan yang ditransaksikan di Butik Emas Logam Mulia, gedung Aneka Tambang, Jakarta.

PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM) menargetkan peningkatan secara signifikan produksi dan penjualan komoditas utamanya yaitu feronikel, emas, bijih nikel, dan bijih bauksit, tahun ini. Direktur Utama Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, peningkatan kinerja produksi dan penjualan tersebut akan menumbuhkan kinerja operasional ANTAM. 

"Selain itu, kami fokus untuk menjaga level biaya tunai produksi tetap rendah, sejalan dengan komitmen ANTAM untuk memberikan nilai yang positif bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan," katanya melalui siaran resmi, Rabu (27/2).

Perusahaan berkode emiten ANTM ini menargetkan produksi feronikel tahun ini sebesar 30.280 ton nikel (TNi) tahun ini atau tumbuh 21% dibanding realisasi produksi tahun 2018 (unaudited) sebesar 24.868 TNi. Peningkatan produksi ini, sejalan dengan strategi perusahaan tambang pelat merah untuk meningkatkan utilisasi operasi pabrik feronikel Pomalaa, Sulawesi Tenggara, dan mulai beroperasinya pabrik feronikel di Halmahera Timur pada semester kedua tahun ini.

(Baca: Antam Ajukan Tambahan Ekspor Nikel 1,1 juta ton Tahun Ini)

Sementara itu penjualan feronikel tahu ini ditargetkan akan naik sebesar 25% menjadi 30.280 TNi, dibandingkan realisasi penjualan tahun 2018 yang sebesar 24.135 TNi. Untuk mendukung peningkatan target produksi tersebut, pada tahun 2019 ANTAM menargetkan total produksi bijih nikel sebesar 10,50 juta wet metric ton (wmt), naik 12% dibandingkan capaian produksi bijih nikel tahun 2018 sebesar 9,32 juta wmt.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...