Masih Pandemi, Gaikindo Jangkau Konsumen Lewat Aplikasi GIIAS Auto360

Happy Fajrian
27 Januari 2021, 18:05
gaikindo, giias auto360, giias, otomotif, penjualan mobil
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Pekerja membersihkan lantai di Tunas Daihatsu, Tebet, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan, penjualan mobil di Indonesia pada Mei 2020 hanya mencapai 17.083 unit, menukik tajam 82% dari pencapaian Mei 2019 yaitu 93.881 unit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengembangkan aplikasi GIIAS Auto360 untuk mempermudah pelaku industri otomotif dalam menjangkau konsumen di masa pandemi corona. Aplikasi ini memiliki tiga fitur utama yakni pameran digital, marketplace, dan news industri update.

Hadirnya aplikasi ini untuk mengantisipasi perubahan pola belanja otomotif masyarakat selama pandemi Covid-19, sehingga diharapkan bisa menjembatani kebutuhan konsumen dengan penyelenggara pameran maupun produsen otomotif.

“Dengan aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia diharapkan akan menjadi kendaraan baru bagi pemain industri untuk menggapai konsumen,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, melalui siaran pers, Rabu (27/1).

Yohannes menjelaskan bahwa aplikasi tersebut memungkinkan konsumen untuk melihat fitur dan spesifikasi tiap merek, jenis, dan tipe mobil secara lengkap untuk membantu menentukan pilihan.

GIIAS Auto360 juga menawarkan berbagai variasi bis dan truk, variasi motor, serta aftermarket, mulai dari aksesoris mobil dan motor serta kebutuhan produk dan jasa otomotif. Aplikasi ini akan mulai bisa diakses pada Juli 2021.

“Sebagai upaya bangkit, Gaikindo memperkenalkan inovasi terbaru, yakni sebuah aplikasi digital yang dapat memberikan solusi optimal dalam memenuhi semua kebutuhan produk dan jasa otomotif masyarakat Indonesia,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Sementara itu, Agus Riyadi, Project Director Seven Event yang ditunjuk Gaikindo sebagai pelaksana penyelenggaraan pameran dan aplikasi digital GIIAS Auto 360 mengatakan aplikasi ini turut menggandeng merek-merek otomotif resmi yang juga hadir pada pameran GIIAS.

Sehingga dia meyakini GIIAS Auto360 akan menjadi aplikasi penjualan otomotif yang aman dan terpercaya. “Saat ini kami sedang dalam proses pendaftaran merchant yang terbuka bagi perusahaan otomotif untuk bergabung dan membuka peluang baru,” kata Agus.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...