PLN Operasikan 10 PLTS Alirkan Listrik ke 13 Kampung di Raja Ampat

Image title
22 April 2021, 15:41
plts, raja ampat, pln
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/aww.
Petugas mengecek panel surya di Kampung Wejim Timur, Distrik Kepulauan Sembilan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (3/2/2021).

PLN berhasil mengoperasikan 10 pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang tersebar di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Total invetasi yang dikeluarkan PLN untuk 10 PLTS ini mencapai Rp 45 miliar.

Berkat PLTS yang memanfaatkan sumber enargi terbarukan ini, 887 warga di 13 kampung di daerah tersebut, yakni Solol, Bianci, Beo, Kalitoko, Wejim Timur, Wejim Barat, Satukurano, Atkari, Limalas Timur, Limalas Barat, Kayerepop, Kapatcol, dan Aduwey, dapat menikmati sambungan listrik dengan total kapasitas 710 kiloWatt-peak (kWp).

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi mengatakan bahwa hadirnya listrik di Kabupaten Raja Ampat diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian serta produktifitas bagi masyarakat setempat.

"Apalagi dengan dioperasikannya PLTS yang bersumber dari energi matahari ini kami memberikan pasokan listrik yang bersih untuk masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/4).

Sebelumnya, pada 2020 PLN juga telah mengalirkan listrik ke beberapa kampung lainnya di Kabupaten Raja Ampat menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD). Total 67 keseluruhan kampung berlistrik di kabupaten Raja Ampat sebanyak 67 Kampung sampai dengan tahun 2021.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...