SKK Migas Dorong Partisipasi Perusahaan Lokal pada Transisi Blok Rokan

Image title
29 April 2021, 18:19
blok rokan, skk migas,
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi.

SKK Migas tengah mendorong keterlibatan perusahaan dan tenaga lokal dalam transisi di Blok Rokan. Salah satunya untuk ikut terlibat dalam pengadaan barang dan jasa. Hal ini guna menahan laju penurunan produksi, khususnya untuk mencapai target produksi migas satu juta barel pada 2030.

Dalam proses transisi blok ini, SKK Migas menargetkan penyelesaian pengeboran 192 sumur oleh PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) akan dilanjutkan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Saat ini kontrak barang dan jasa untuk kebutuhan 115 sumur telah selesai dilaksanakan. Sementara pengadaan barang dan jasa untuk kebutuhan 77 sumur tambahan diperkiraan selesai di akhir bulan ini.

Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas Rudi Satwiko mengatakan bahwa dalam alih kelola blok Rokan, pihaknya akan terus memaksimalkan potensi Blok ini untuk menyuplai kebutuhan produksi migas nasional.

“SKK Migas berkomitmen bahwa kegiatan operasional Blok Rokan harus mengutamakan penggunaan barang dan jasa produksi dalam negeri, diantaranya partisipasi perusahaan lokal serta tenaga kerja dalam negeri,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/4).

Menurut dia dalam upaya menahan laju produksi migas, SKK Migas akan terus mendukung dan mendorong upaya percepatan pengadaan kebutuhan barang dan jasa guna memenuhi target pengeboran sumur yang telah ditetapkan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...