SKK Migas Gaet Lemigas Untuk Terapkan Teknologi Penangkapan Karbon

Image title
2 Juli 2021, 13:26
penangkapan karbon, skk migas, lemigas, emisi karbon
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai.

SKK Migas menyatakan komitmennya untuk terus mendukung usaha mengurangi emisi karbon. Salah satunya melalui teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilization, and storage (CCUS).

Untuk mempercepat pelaksanaan program, SKK Migas bekerja sama dengan Lemigas Kementerian ESDM dan pemangku kepentingan di sektor hulu migas. Kerja sama tersebut untuk merumuskan ide serta pemikiran untuk selanjutnya akan membuat rekomendasi kepada pemerintah terkait penerapan program CCUS di Indonesia.

Koordinator Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan Teknologi Eksploitasi Lemigas Usman Pasarai menjelaskan, penerapan CCUS-CO2 Enhanced Oil Recovery (EOR) sebagai pilihan solusi bagi pemerintah.

"Terutama agar tetap dapat memproduksikan migas untuk pemenuhan kebutuhan energi Indonesia dengan tetap mengendalikan emisi karbon," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (2/7).

Metode CCUS-CO2 EOR merupakan metode pemanfaatan CO2 yang diinjeksikan kembali ke dalam perut bumi, kemudian digunakan untuk mendorong minyak atau gas bumi dengan teknologi EOR. Sejauh ini, menurut dia sudah terdapat 21 proyek di dunia yang menerapkan CCUS dan hasilnya sangat baik.

"Tentunya untuk mempercepat penerapan CCUS – CO2 EOR di Indonesia dibutuhkan dukungan pemerintah melalui kebijakan dan peraturan – perundangan,” kata Usman.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...