Pasokan Sempat Tersendat, Pertagas Alirkan Gas ke Industri di Sumbagut

Image title
16 Juli 2021, 11:12
gas, industri, pertagas, pasokan gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Pertagas Niaga kembali mengalirkan gas di wilayah Sumatera bagian utara (Sumbagut) setelah pasokan dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) wilayah kerja Blok A berangsur normal. Pulihnya pasokan gas akan kembali menggerakan industri di wilayah tersebut.

Salah satu yang akan terbantu dengan pulihnya pasokan gas adalah produsen pupuk PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Pasokan untuk PIM sejak Maret 2021 turun karena pemeliharaan sumur gas beserta seluruh fasilitasnya. Hal ini membuat PIM sementara waktu tidak dapat berproduksi karena keterbatasan bahan baku.

"Dengan suplai gas yang terjamin, diharapkan dapat menghidupkan kembali geliat industri di Aceh. Khususnya industri pupuk, yang akan menurunkan biaya produksi dan meningkatkan daya saing nasional," kata Presiden Direktur Pertagas Niaga, Linda Sunarti, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7).

PIM saat ini dapat kembali memproduksi pupuk setelah pasokan dari Medco yang disalurkan oleh Pertagas Niaga naik kembali di kisaran 48-54 BBTUD pada Jumat pekan lalu (9/7).

Menurut dia Pertagas Niaga berupaya semaksimal mungkin guna mencukupi kebutuhan gas baik bagi sektor industri, kelistrikkan dan pupuk. Perusahaan ini ditunjuk dan ditugaskan untuk mengelola dan mengatur operasi penyaluran gas di wilayah Sumbagut sejak 1 Juni 2020.

Industri pupuk merupakan sektor dengan permintaan gas terbesar, mencapai 24% dari total permintaan gas nasional. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...