PLN Kebut Proyek Interkoneksi Kalteng-Kalbar, Target Beroperasi 2022

Image title
10 September 2021, 15:37
pln, jaringan listrik, sutt,
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

PLN saat ini tengah membangun jaringan listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Pembangunan tower SUTT 150 kV yang akan melewati sungai Jelai, kabupaten Sukamara ini ditargetkan beroperasi 2022.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KBB) Faruq Suyuthi berharap pembangunan SUTT ini dapat memperkuat keandalan pasokan listrik PLN. Terutama yang berada di dua provinsi tersebut.

Menurut dia nantinya PLN akan membangunn 438 tower. Dimana 414 tower akan berada di Kabupaten Ketapang, sementara 24 tower lainya akan berada di Kabupaten Sukamara.

“Interkoneksi kelistrikan ini dapat membantu evakuasi daya dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat dan sebaliknya. Sehingga kelistrikan di kedua provinsi dapat menjadi lebih baik,” ujar Faruq dalam keterangan tertulis, Jumat (10/9).

Adapun guna mempercepat proses pengerjaan, PLN menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Sukamara dan Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...