Ahok Ingin Pertamina Digitalisasi Sektor Hulu Migas Seperti Blok Rokan

Image title
15 September 2021, 17:20
pertamina, blok rokan, digitalisasi
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas beraktifitas di sekitar Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengusulkan agar digitalisasi di Blok Rokan juga diterapkan di seluruh operasi hulu Pertamina. Dia menilai langkah tersebut dapat mendukung operasi hulu migas yang selamat, andal, dan efisien.

Menurut Ahok, fasilitas Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC) yang ada di Blok Rokan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan sektor hulu perusahaan pelat merah itu. Bahkan Pertamina juga dapat menerapkannya untuk sektor hilir.

"Sistem di IODSC ini juga bisa diterapkan ke Pertamina Integrated Command Center agar dengan data dan orang yang benar maka ada pengambilan keputusan yang tepat. Semua upaya kami bertujuan untuk optimisasi devisa," kata Ahok dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9).

Ahok menilai alih kelola Blok Rokan bukan hanya tentang pengalihan wilayah kerja, namun juga tentang bagaimana pengalihan sistem dan keahlian orang-orang yang ada didalamnya.

Kunjungan Ahok di Blok Rokan yang berlangsung pada Selasa (14/9) kemarin tersebut disambut oleh perwakilan direksi Subholding Upstream (SHU) Pertamina Taufiq Aditiyawarman dan manajemen PHR.

Dalam paparannya, manajemen PHR menyampaikan peningkatan produksi Blok Rokan didukung oleh beberapa faktor utama. Yakni kegiatan pengeboran sumur-sumur produksi minyak yang baru, menahan laju penurunan produksi alamiah (natural decline), dan menjaga keandalan fasilitas operasi produksi.

Faktor-faktor tersebut sangat ditunjang oleh penerapan teknologi digital yang masif di WK Rokan. Digitalisasi setidaknya memberikan empat manfaat utama, yakni peningkatan kinerja keselamatan, penurunan signifikan dari potensi kehilangan produksi atau LPO hingga 40%, optimalisasi kemampuan fasilitas produksi, dan efisiensi.

Fasilitas IODSC merupakan sumber informasi atau 'big data' berkaitan dengan aktivitas sumur dan peralatan di lapangan. Setiap hari ada sekitar 4.000 hingga 5.000 data yang masuk.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...