Pertamina Naikkan Harga BBM Non-Subsidi Pertamax Turbo & Pertamina Dex

Image title
20 September 2021, 16:18
harga bbm, pertamina, bbm
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Warga melakukan pengisian BBM secara mandiri (self service) di SPBU 34.403316, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (17/2/2020).

Pertamina menyesuaikan harga BBM non-subsidi, yaitu Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Ini dilakukan setelah perusahaan mengklaim dua jenis produk bahan bakar khusus (BBK) tersebut tidak pernah disesuaikan selama lebih dari 1,5 tahun.

Untuk Pertamax Turbo (RON 98), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 12.300 per liter dari sebelumnya Rp 9.850, sedangkan Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp 11.150 per liter dari sebelumnya Rp 10.200 untuk wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5%.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno menjelaskan penyesuaian ini dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri migas. Adapun harga baru kedua produk ini berlaku mulai tanggal 18 September 2021.

“Betul, telah disesuaikan harga BBM hanya untuk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, produk lain tidak mengalami perubahan harga,” kata Putut dalam keterangan tertulis, Senin (20/9).

Meski mengalami penyesuaian, menurut Putut harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk yang setara. Penyesuaian harga ini juga sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bahkan masih di bawah batas yang ditetapkan.

Pertamina Patra Niaga, lanjut Putut, juga tetap memberikan loyalty program bagi pengguna setia produk-produk berkualitas dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan hemat pembelian Pertamax Turbo dan Dex Series sebesar Rp 300 per liternya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina hingga 30 September 2021.

Ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi serta edukasi berkelanjutan untuk mengajak masyarakat menggunakan BBM yang lebih baik serta lebih ramah lingkungan. Simak tren harga minyak mentah Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...