Ikuti Korsel & Jepang, Cina Setop Biayai PLTU Batu Bara di Luar Negeri

Image title
22 September 2021, 15:10
pltu, cina, perubahan iklim,
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Foto udara cerobong di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin di Desa Sijantang, Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis (17/10/2019).

Presiden Cina Xi Jinping memperkuat komitmen negaranya dalam melawan perubahan iklim dunia. Xi berjanji akan menghentikan pembangunan PLTU, yang berbahan bakar batu bara, baru di luar negeri. Meski demikian, orang nomor satu Negeri Panda ini tak memerinci bagaimana kebijakan tersebut nantinya diterapkan.

Komitmen baru ini disampaikan Xi saat berpidato di Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (21/9) malam waktu setempat.

"Cina akan meningkatkan dukungan untuk negara-negara berkembang lainnya dalam mengembangkan energi hijau dan rendah karbon, dan tidak akan membangun proyek pembangkit listrik tenaga batu bara baru di luar negeri," kata Xi dikutip dari Reuters, Rabu (22/9).

Langkah tersebut dapat secara signifikan membatasi pembiayaan pada proyek PLTU batu bara di negara berkembang. Cina sendiri telah berada di bawah tekanan diplomatik yang kuat untuk mengakhiri pembiayaan pada PLTU batu bara di luar negeri.

Pasalnya, hal tersebut diyakini dapat mempermudah dunia untuk tetap berada di jalur memenuhi komitmen tujuan perjanjian Paris untuk mengurangi emisi karbon. Pengumuman Cina mengikuti langkah serupa oleh Korea Selatan dan Jepang pada awal tahun ini.

Utusan Khusus Kepresidenan AS untuk Iklim John Kerry dengan cepat menyambut pengumuman Xi, menyebutnya sebagai kontribusi besar dan awal yang baik untuk upaya yang diperlukan guna mencapai kesuksesan pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa di Glasgow, Skotlandia.

"Kami telah berbicara dengan Cina selama beberapa waktu tentang hal ini. Dan saya benar-benar senang mendengar bahwa Presiden Xi telah membuat keputusan penting ini," kata Kerry.

President COP26 Alok Sharma menyambut baik apa yang direncanakan Cina untuk mitigasi perubahan iklim. "Saya menyambut baik komitmen Presiden Xi untuk berhenti membangun proyek batu bara baru di luar negeri, topik utama diskusi saya selama kunjungan saya ke Cina," katanya di Twitter.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga turut menyambut baik langkah Cina yang akan menghentikan proyek baru pada PLTU batu bara. Pasalnya, keputusan ini dapat mempercepat penghentian penggunaan batu bara secara global.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...