Konsumsi BBM Pertamax September Naik 50%, Pertamina Jamin Pasokan Aman

Image title
19 Oktober 2021, 11:42
konsumsi bbm, pertamina, pertamax
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/hp.
SPBU Pertamina.

Konsumsi BBM pada bulan September melonjak cukup signifikan seiring pulihnya aktivitas masyarakat dan perekonomian. Menurut data Pertamina, lonjakan paling besar terjadi pada produk Pertamax yang konsumsinya mencapai 18.840 kiloliter (KL), naik 49% dibanding rerata bulanan semester I 12.586 KL.

Sementara pada gasoil (solar/diesel) sejauh ini didominasi oleh konsumsi solar bersubsidi. Pada semester I rerata konsumsinya mencapai 37.813 KL per bulan, dan terus meningkat 17% pada September menjadi 44.439 KL.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman menegaskan bahwa saat ini stok BBM Pertamina dalam kondisi cukup. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap diimbau membeli BBM sesuai kebutuhan.

"Stok untuk produk yang meningkat signifikan yaitu Solar mencapai 17 hari dan Pertamax mencapai 18 hari. Pengiriman dari Terminal BBM juga terus dilakukan setiap hari ke seluruh SPBU dan Kilang juga terus berproduksi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10).

Khusus untuk Solar, Pertamina telah melakukan penambahan volume penyaluran ke beberapa wilayah yang mengalami peningkatan konsumsi secara signifikan. Di antaranya seperti Sumatera Barat sebesar 10%, Riau 15%, dan Sumatera Utara 3.5%.

"Mengingat Solar adalah BBM Bersubsidi, kami sangat cermat dalam melakukan penambahan penyaluran agar bisa tetap tepat sasaran dan tidak disalahgunakan oknum-oknum tertentu," kata Fajriyah.

Selain penambahan penyaluran di wilayah yang mengalami peningkatan signifikan, Pertamina juga melakukan koordinasi dengan BPH Migas untuk fleksibilitas pengalihan kuota BBM Subsidi di wilayah yang realisasinya masih di bawah target, ke wilayah lain yang berpotensi over-kuota.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...