Kenaikan Harga Minyak Tak Mampu Pacu Proyek Migas yang Mangkrak

Image title
19 Oktober 2021, 19:43
migas, lapangan migas mangkrak, harga minyak
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi.

SKK Migas menyebut kenaikan harga minyak yang terjadi baru-baru ini belum mampu memacu rencana pengembangan (plan of development/POD) lapangan atau blok migas yang saat ini masih mangkrak.

Deputi Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara menjelaskan kenaikan harga minyak berpengaruh pada investasi perusahaan migas, utamanya seperti menjalankan kegiatan pengeboran sumur. Namun produksi dari suatu lapangan atau blok migas membutuhkan proses yang cukup panjang.

"Untuk sumur-sumur bisa didorong lebih banyak tentunya karena keekonomian naik dan berdampak langsung untuk produksi namun untuk POD tidak langsung berdampak. POD itu kan onstream-nya tidak saat ini," kata Benny dalam Konferensi Pers SKK Migas - Kinerja Hulu Migas Kuartal III 2021, Selasa (19/10).

Meski begitu, Benny mengatakan pihaknya akan merevisi kembali POD lapangan migas mangkrak dengan asumsi harga yang lebih optimis dari asumsi pada saat persetujuan POD waktu itu. Sehingga proyek proyek migas yang terkendala masalah keekonomian dapat mulai dikebut.

"Kalau dalam kondisi harga minyak naik tentu kita akan revisi dengan asumsi harga yang lebih tentu keekonomian lebih baik," katanya. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...